FENOMENA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU DI SDN 113 REJANG LEBONG DI MASA PANDEMI COVID-19

Ramadhan, Muhammad and Pebrian, Tarmizi and Irfan, Supriatna (2022) FENOMENA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU DI SDN 113 REJANG LEBONG DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD RAMADHAN.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena pelaksanaan pembelajaran daring bagi guru di SDN 113 Rejang Lebong di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi deskriptif. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan obserasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui Data Colection, Data Reducation, Data Display, Consclusion Drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada kegiatan perencanaan, guru berusaha mengembangkan RPP daring dengan melakukan analisis terhadap prioritas tujuan dan lingkup materi pembelajaran yang memungkinkan untuk dilaksanakan di masa Pandemi Covid- 19; membuat media pembelajaran; dan (c) menyiapkan materi atau bahan ajar, materi atau bahan ajar yang disiapkan guru disesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas pembelajaran di masa Pandemi Covid-19. (2) Pelaksanaan pembelajaran daring terlihat pada kesiapan guru, kesiapan mental dan konsistensi dalam mengajar kreatif dan inovatif; dan kesiapan fisik berupa perangkat pembelajaran; metode yang digunakan guru adalah metode kombinasi dengan tatap muka daring dengan penugasan; media yang digunakan guru berupa media video, powerpoint, gambar dan poster; terdapat banyak ketidaksiapan belajar, namun setelah berjalan waktu peserta didik mulai terbiasa meski terkadang terlihat jenuh; kesiapan peserta didik dalam pembelajaran daring yang mulai terbiasa belajar dalam kondisi daring meskipun masih terdapat banyak keluhan siswa mengenai masalah- masalah teknis; sarana dan prasarana dalam pembelajaran daring yang disediakan sekolah sejauh ini belum cukup menunjang pembelajaran. (3) Bentuk evaluasi dalam pembelajaran daring dilaksanakan dengan teknik tes dan non tes. Teknik tes dilakukan dengan memberikan butir soal, sedangkan non-tes dilakukan dengan instrumen berupa angket. Kata Kunci: Fenomena, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:25
Last Modified: 01 Aug 2024 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19346

Actions (login required)

View Item View Item