PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 03 KOTA BENGKULU

Nova, Rendi Dwi and Osa, Juarsa and Sri, Dadi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 03 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RENDI DWI NOVA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media audio visual terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IV SDN 03 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasy esperiment) dengan desain penelitian adalah The Matching Only Pre Test-Post Test Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan sampel berdasarkan teknik Sampling Total. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis nilai posttest menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis (uji-t) dengan nilai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia thitung (4,485) > ttabel (2,009) dan pada mata pelajaran PPKn thitung (3,262) > ttabel (2,009). Berdasarkan pengujian thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media audio visual terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IV SDN 03 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Talking Stick, Media Audio Visual, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:41
Last Modified: 02 Aug 2024 01:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19358

Actions (login required)

View Item View Item