Habibah, Umi and Noperman, Feri and Dalifa, Dalifa (2022) KORELASI ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN TIKTOK DENGAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN KAUR SELATAN KABUPATEN KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI_UMI HABIBAH_A1G018027_PGSD UNIB.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara intensitas penggunaan Tiktok dengan minat belajar IPA siswa Kelas V SD Negeri Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur yang berjumlah 250 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah 50 responden. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ini menggunakan angket intensitas penggunaan Tiktok dengan minat belajar IPA. Teknik analisis data menggunakan perhitungan statistik Korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien rhitung ≥ rtabel yaitu 0,5641 ≥ 0,279, dan sumbangan atau kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 31,82%. Dari hasil penelitian nilai koefisien nya positif sehingga terdapat korelasi positif, hal ini bertentangan dengan hipotesis penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif sehingga penggunaan Tiktok tinggi dan minat belajar IPA juga tinggi. Kata Kunci : Intensitas Penggunaan Tiktok, Minat Belajar IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 02:05 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 02:05 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19366 |
Actions (login required)
View Item |