ANALISIS RASIO KEUANGAN PERUSAHAAN SUB SEKTOR HOTEL, RESTORAN DAN PARIWISATA YANG TERDAFTAR DI BEI SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID 19 TAHUN 2019-2020

Sri Larasati, Angga and Chairil, Afandy and Fitri, Santi (2021) ANALISIS RASIO KEUANGAN PERUSAHAAN SUB SEKTOR HOTEL, RESTORAN DAN PARIWISATA YANG TERDAFTAR DI BEI SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID 19 TAHUN 2019-2020. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ANGGA SRI LARASATI C1B017126.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid 19 saat ini, membuat kegiatan sehari-hari masyarakat berubah karena adanya beberapa protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Sektor pariwisata di Indonesia terancam, hal ini membuat setiap perusahaan melakukan strategi, agar dapat melanjutkan usaha perusahaan dan bertahan dalam kondisi seperti saat ini. Kinerja keuangan merupakan suatu prestasi kerja yang telah dicapai oleh perusahaan dalam suatu periode waktu tertentu yang ada pada laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan (Sudarwati, 2012). Dari hasil analisis rasio keuangan untuk menilai kinerja keuangan, akan diketahui posisi keuangan perusahaan. Maka pemilik dan manajemen perusahaan dapat merencanakan dan mengambil keputusan yang harus dilakukan ke depan (Kasmir, 2016). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan sebelum dan pada saat pandemi Covid 19 tahun 2019-2020. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Analisis data menggunakan rasio profitabilitas berdasarkan return on assets ratio dan return on equity ratio, rasio likuiditas berdasarkan current ratio dan quick ratio. Aktivitas berdasarkan fixed assets turnover dan total assets turnover. Rasio leverage berdasarkan debt to assets ratio dan debt to equity ratio. Hasi penelitian rata-rata 17 perusahaan sub sektor hotel, restoran dan pariwisata yang terdaftar di BEI dengan menggunakan analisis rasio keuangan jika ditelusuri lebih jauh dari sisi rasio profitabilitas tahun 2019-2020 menunjukkan hasil yang sama berada di bawah standar industri. Rasio likuiditas tahun 2019-2020 tidak menunjukkan hasil yang sama, dimana tahun 2019 perusahaan berada di atas standar industri sementara tahun 2020 di bawah standar industri. Rasio aktivitas tahun 2019-2020 menunjukkan hasil yang sama bahwa rata-ratanya berada di bawah standar industri. Rasio leverage tahun 2019- 2020 menunjukkan hasil yang sama nilai rata-ratanya berada di bawah standar industri. Disarankan agar perusahaan lebih efektif, efisien serta ekonomis dalam menjalankan aktivitas dan operasinya untuk lebih memperhatikan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi tidak baiknya kinerja keuangan karena dampak dari adanya pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:09
Last Modified: 02 Aug 2024 04:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19380

Actions (login required)

View Item View Item