PENGARUH PEMBERIAN Medicated block YANG MENGANDUNG EKSTRAK Melastoma malabathricum TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK PADA KAMBING KACANG 6 MINGGU POST INFECTION

Febriani, Melisna and Dwatmadji, Dwatmadji and Hidayat, Hidayat (2018) PENGARUH PEMBERIAN Medicated block YANG MENGANDUNG EKSTRAK Melastoma malabathricum TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK PADA KAMBING KACANG 6 MINGGU POST INFECTION. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI MELISNA FEBRIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kambing tergolong hewan memamah biak, berkuku genap dan bertanduk sepasang. Kambing mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Ternak kambing mampu berkembang dan bertahan di semua zona agroekologi dan hampir tidak terpisahkan dari sistim usaha tani. Ada faktor utama yang mempengaruhi produktivitas ternak, yaitu salah satu penyakit yang sering mengganggu produktivitas ternak yaitu infeksi dari cacing penghisap darah Haemonchus contortus (Haemonchosis). Pemberian anthelmentika merupakan satu hal yang mutlak harus diberikan untuk menurunkan infeksi parasit dari tubuh ternak, Salah satu tanaman yang berkhasiat dan dikenal masyarakat adalah senduduk (Melastoma malabathricum) yang mengandung senyawa tanin, flavonoid, steroid, saponin, dan glikosida diketahui berfungsi menghambat penetasan telur dan pertumbuhan larva cacing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji manfaat pemberian ekstrak daun M.malabathricum dalam bentuk medicated block terhadap kecernaan bahan kering dan bahan organik pada ternak kambing. Penelitian ini menggunakan 20 ekor kambing Kacang betina dengan rataan bobot badan 8,76 kg dan kisaran umur 6-8 bulan yang diinfestasi cacing H.contortus,. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari P1: pakan ad libitum + Medicated block tanpa albendazole dan tanpa ekstrak M.malabatricum. P2: pakan ad libitum + Medicated block yang mengandung 2,5% ekstrak M.malabatricum, P3: pakan ad libitum + Medicated block yang mengandung 5% ekstrak M.malabatricum, P4: pakan ad libitum + Medicated block yang mengandung 0,2% Albendazole. Variabel yang diamati dalam penelitian ini yaitu konsumsi BK, konsumsi BO dan air minum. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun M.malabathricum pada kambing kacang betina yang di infestasikan parasit H.contortus tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kecernaan bahan kering dan bahan organik. Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa perlakuan dengan penggunaan ekstrak daun Melastoma malabathricum tidak meningkatan kecernaan pakan pada ternak kambing yang terinfeksi cacing Haemonchus contortus.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 03 Oct 2019 02:59
Last Modified: 03 Oct 2019 02:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19383

Actions (login required)

View Item View Item