PENGARUH DURASI SIMPAN TERHADAP SUSUT TETAS, DAYA TETAS, DAN BOBOT TETAS TELUR AYAM BURGO PADA SISTEM PEMELIHARAAN INTENSIF

Ezon, Octari and Bieng, Brata and Heri, Dwi Putranto (2018) PENGARUH DURASI SIMPAN TERHADAP SUSUT TETAS, DAYA TETAS, DAN BOBOT TETAS TELUR AYAM BURGO PADA SISTEM PEMELIHARAAN INTENSIF. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_Octari Ezon_E1C013068.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Ayam Burgo merupakan jenis ayam lokal yang potensial untuk dikembangkan sebagai sumber pangan lokal hewani sekaligus sebagai upaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satu upaya peningkatan pengembangan ayam Burgo yaitu dengan cara menerapkan pola pemeliharaan intensif dan teknologi penetasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh durasi simpan telur dengan level durasi simpan yang berbeda terhadap susut tetas, daya tetas, dan bobot tetas telur ayam Burgo pada sistem pemeliharaan intensif. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Tiga puluh dua butir telur tetas didistribusikan ke dalam 4 kelompok perlakuan dan 4 ulangan, dimana masing-masing ulangan terdiri dari 2 butir telur tetas. Adapun ke 4 perlakuan tersebut yaitu: P0 (durasi simpan 0 hari), P1 (durasi simpan 3 hari), P2 (durasi simpan 5 hari), dan P3 (durasi simpan 7 hari). Data susut tetas, daya tetas, dan bobot tetas dalam penelitian ini diuji secara statistik menggunakan analisis ragam dengan asumsi sidik ragam pada taraf nyata 5%. Jika suatu perlakuan berpengaruh nyata pada suatu peubah tertentu (P˂ 0,05), maka analisis dilanjutkan dengan uji Duncan pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa durasi simpan telur tidak berpengaruh nyata terhadap susut tetas, daya tetas dan bobot tetas telur ayam Burgo. Rata-rata susut tetas berkisar antara 9,49 – 12,34%, rata-rata daya tetas berkisar antara 62,5 – 75%, dan rata-rata bobot tetas berkisar antara 18,09 – 20,06 g. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perlakuan durasi simpan telur ayam Burgo pada sistem pemeliharaan intensif tidak mempengaruhi susut tetas, daya tetas dan bobot tetas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 03 Oct 2019 03:12
Last Modified: 03 Oct 2019 03:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19385

Actions (login required)

View Item View Item