PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG BIJI DURIAN (Durio zibethinus) DALAM KONSENTRAT TERHADAP MILK INCOME OVER FEED COST (MIOFC) SAPI PERAH FH LAKTASI

Meisela, Siska and Endang, Sulistyowati and Dadang, Suherman (2018) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG BIJI DURIAN (Durio zibethinus) DALAM KONSENTRAT TERHADAP MILK INCOME OVER FEED COST (MIOFC) SAPI PERAH FH LAKTASI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI SISKA MEISELA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan permintaan susu kurang seimbang dengan produksi susu yang dihasilkan. Rendahnya produksi susu tersebut, pada sapi perah dapat disebabkan karena besarnya modal usaha, pemberian pakan yang kurang trampil dan kurang pengetahuan, pengolahan pasca panen, sistem penerapan recording, proses pemerahan, sanitasi, dan pencegahan penyakit. Dalam memenuhi permintaan susu sapi perah yang begitu besar, maka produksi harus ditingkatkan. Pakan merupakan biaya terbesar untuk produksi susu. MIOFC (Milk Income Over Feed Cost) merupakan perhitungan nilai ekonomi yang dapat menggambarkan pendapatan yang diperoleh berdasarkan penjualan susu dan biaya pakan. Limbah pertanian yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai pakan alternatif ialah biji durian. Salah satu alternatif pengolahan biji durian dengan mengolahnya menjadi tepung. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Pengaruh pemberian tepung biji durian (Durio zibethinus) dalam Konsentrat terhadap MIOFC sapi perah FH. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2018 berlokasi di desa Suka Sari, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Pada penelitian ini digunakan 4 ekor sapi perah laktasi. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Bujur Sangkar Latin (RBSL) 4 x 4, yang terdiri dari 4 perlakuan 4 periode dan 4 ekor sapi perah yaitu: P1= Konsentrat mengandung 35% dedak + 12.5% Tepung Biji Durian, P2= Konsentrat mengandung 27.5% dedak + 20% Tepung Biji Durian, P3=Konsentrat mengandung 20% dedak + 27.5% Tepung Biji Durian dan P4= Konsentrat mengandung 12.5% dedak + 35% Tepung Biji Durian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian konsentrat yang mengandung Tepung Biji Durian tidak berpengaruh nyata(P>0,05) terhadap konsumsi pakan, produksi susu, biaya pakan, penerimaan susu, dan Milk Income Over Feed Cost (MIOFC).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 03 Oct 2019 04:14
Last Modified: 03 Oct 2019 04:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19391

Actions (login required)

View Item View Item