PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEKS NEGOSIASI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK KELAS X SMK NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Santika, Welia and Ria, Ariesta and Gumono, Gumono (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEKS NEGOSIASI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK KELAS X SMK NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi _Welia Santika_A1A018052_Pendidikan Bahasa Indonesia_ - Welia Santika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya bahan ajar yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, guru hanya menggunakan LKS hasil terbitan penerbit yang masih terdapat kekurangan dari segi materi dan tampilan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi teks negosiasi dengan model contextual teaching and learning (CTL) yang valid dan efektif. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (four- D) yaitu terdiri empat tahapan, yaitu Define, Design, Develop, and Disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 5 kota Bengkulu yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan beberapa instrumen, yaitu instrumen validasi ahli, instrumen kebutuhan peserta didik, dan instrumen post-test. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk berupa LKPD menulis teks negosiasi dengan model contextual teaching and learning untuk kelas XI SMKN 5 kota Bengkulu. Dari hasil analisis terhadap instrumen validasi LKPD, maka LKPD yang dikembangkan berkategori sangat valid dengan tingkat kevalidan sebesar 85%.. Nilai efektivitas LKPD sebesar 90% dengan kategori baik yang diperoleh dari nilai pre-test dan post-test peserta didik Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Model Pengembangan four- D (4-D), Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:13
Last Modified: 02 Aug 2024 08:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19404

Actions (login required)

View Item View Item