HUBUNGAN BUDAYA MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Maulani, Febianti Aisyah and Didi, Yulistio and Agus, Trianto (2023) HUBUNGAN BUDAYA MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_FEBIANTI AISYAH MAULANI_compressed - Febi Aisyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan budaya membaca, mendeskripsikan kemampuan literasi membaca dan mengetahui hubungan antara budaya membaca dengan kemampuan literasi membaca siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling kuota dengan jumlah sampel 60 siswa. Teknik pengumpulan data dan Instrumen penelitian data menggunakan angket dan tes soal kemampuan literasi membaca. Uji coba instrumen penelitian dengan menguji validitas dan reliabilitas, analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, korelasi product momen, dan koefisien determinasi, lalu ditentukan hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis data peneliti dapat mendeskripsikan bahwa budaya membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu termasuk dalam kriteria lemah dan kemampuan literasi membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori kurang. Nilai rhitung berdasarkan hasil analisis data penelitian yang dihitung menggunakan rumus korelasi product moment dan SPSS yaitu 0,315. Jika dibandingkan dengan rtabel maka didapatkan hasil rhitung>rtabel dengan taraf signifikan 5% (0,315 > 0,254). Hasil penelitian hubungan budaya membaca dan kemampuan literasi membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu berdasarkan perhitungan koefisien determinasi, budaya membaca memberikan kontribusi pada kemampuan literasi membaca sebesar 10% yang mengartikan bahwa rendahnya pengaruh budaya membaca terhadap kemampuan literasi membaca siswa, peneliti menduga bahwa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini belum sepenuhnya mendukung hasil penelitian yang dilakukan. Kata kunci : Membaca, budaya membaca, gemar membaca, kemampuan literasi membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 09:18
Last Modified: 02 Aug 2024 09:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19423

Actions (login required)

View Item View Item