Sari, Intan Purnama and Bambang, Parmadie and Hasnawati, Hasnawati (2023) FENOMENA TOLERANSI KEHIDUPAN BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA SISWA SD NEGERI 013 DESA RAMA AGUNG KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Skripsilengkap , cek plagiat dan Intan Purnama Sari_compressed - Intan Purnamasari.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena toleransi kehidupan beragama melalui pembelajaran pendidikan agama siswa SD Negeri 013 Bengkulu Utara. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenalogi. Subjek penelitian ini Kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, guru pendidikan agama Buddha, dan beberapa guru SD Negeri 013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data conllection, data condensasi, data display, verification. Teknik keabsahan data melalui meningkatkan ketekunan, triangulasi teknik, triangulasi waktu, triangulasi sumber dan member Check. Hasil penelitan yaitu 1. Dalam kontek kehidupan toleransi, toleransi yang di SD 013 terlihat tinggi dari sikat toleransi antar non muslim yang ditunjukkan dengan menghargai siswa yang lagi berdoa. 2. Pada penerapan pola pembelajaran pendidikan agama pola pembelajaran yang digunakan yaitu Pola ( guru ) + (media) dengan siswa. 3. Pada penerapan pola pembelajaran pendidikan agama Buddha, menerapkan pola ( guru ) + (media) dengan siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu: 1. Untuk kehidupan toleransi beragama di SD 013, ditandai dengan pemahaman pengetahuan yang diberikan oleh dewan guru kepada siswa membuat siswa mengetahui pentingnya toleransi antar sesama pemeluk agama dan antar berbeda agama. Toleransi ini dapat dilihat dengan sikap siswa yang menghargai teman yang sedang berdoa, menghargai pendapat antar sesama pemeluk agama ataupun antar berbeda agama, selain itu siswa menghargai teman terhadap hari besar keagaamanya sehingga dengan perbedaan yang ada bukan membuat mereka malah menjatuhkan satu sama lain. 2. Untuk penerapannya pembelajaran agama Islam guru menggunakaan pola (guru) + (Media) dengan siswa. Peneliti melihat interaksi yang baik yaitu Pola guru- siswa-siswa-guru. 3. Untuk penerapan pola pembelajaran pendidikan agama Buddha dengan jumlah siswa yang minim, guru menggunakan pola (guru) + ( Media) dengan siswa. Kata kunci: Toleransi, pola pembelajara, pendidikan agama Islam dan Buddha
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 09:26 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 09:26 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19426 |
Actions (login required)
View Item |