PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Jumiati, Wiliyah and Agus, Trianto and Arono, Arono (2023) PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
WILIYAH JUMIATI SKRIPSI A1A018014_FINISH_compressed - Wiliyah Jumiati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mendeskripsikan kemampuan menulis deskripsi siswa menggunakan media gambar digital, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan menulis deskripsi siswa menggunakan media audiovisual, 3) untuk mendeskripsikan perbandingan kemampauan menulis deskripsi yang menggunakan media gambar digital dengan menggunakan media audiovisual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitiannya seluruh kelas VII SMPN 8 Kota Bengkulu berjumlah 231 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berjumlah sebanyak 66 siswa terdiri dari 33 siswa kelas VII 1 dan 33 siswa kelas VII 3. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis. Instrumen penelitian berupa petunjuk dan rubrik tes kemampuan menulis deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Teknik analisis data menggunakan uji Independen t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan menulis deskripsi siswa kelas VII 1 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu saat menggunakan media gambar digital berkategori cukup dengan nilai rata-rata siswa sebesar 72, 31. 2) Kemampuan menulis deskripsi siswa kelas VII 3 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu saat menggunakan media audiovisual berkategori baik dengan nilai rata-rata siswa sebesar 75,97. 3) Terdapat perbedaan kemampuan menulis saat menggunakan media audiovisual yang lebih tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 75,97 dibandingkan dengan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas VII 1 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu saat menggunakan media gambar digital dengan nilai rata-rata sebesar 72,31 dengan selisih 0,5 %. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh ( ) ( ) yang berada pada daerah penolakan . Hal tersebut menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan antara Kemampuan Menulis Deskripsi dengan media gambar digital dan audiovisual Siswa Kelas VII SMP Negeri 8. Kata Kunci: Perbandingan, Kemampuan, Deskripsi, Media Gambar Digital, Media Audiovisual

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 09:31
Last Modified: 02 Aug 2024 09:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19428

Actions (login required)

View Item View Item