PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 13 KOTA BENGKULU

Diva, Zelpia Trixci and Noermanzah, Noermanzah and Arono, Arono (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 13 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Zelpia Trixci Diva-A1A018105 - Zhelvia Trixci Diva.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan menulis teks cerita fantasi salah satu keterampilan menulis yang harus dikuasai siswa, sehingga seorang guru harus memahami seperti apa pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita fantasi agar tujuan dari pembelajaran yang ingin disampaikan tercapai. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita fantasi. Metode yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu dan waktu penelitian pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Data dalam penelitian berupa data pengamatan proses pembelajaran menulis teks cerita fantasi dan sumber data pada penelitian ini adalah 1 orang guru bahasa indonesia dan 32 orang siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif ada empat tahap yaitu pengumpulan data, merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 45 menit, pertemuan pertama siswa menyimak kegiatan pembelajaran membahas tentang unsur intrinsik dan ekstrinsik teks cerita fantasi dan pertemuan kedua siswa mengamati video cerita fantasi. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan tiga tahap pembelajaran, kegiatan pendahuluan yaitu menarik perhatian peserta didik dengan mengucapkan salam dan menyapa peserta didik, mengecek kehadiran siswa, memberikan motivasi belajar peserta didik, mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang diajarkan, kegiatan inti dalam pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita fantasi menggunakan pendekatan saintifik yang mempunyai beberapa tahap yaitu mengamati teks cerita fantasi, mengumpulkan informasi dari apa yang diamati, mengelolah informasi berdasarkan tugas yang diberikan guru dan kesimpulan dilaksanakan oleh guru dan siswa, dan bagian penutup yang dilakukan dengan mengucapkan salam. Kata kunci : pelaksanaan pembelajaran, keterampilan menulis cerita fantasi, siswa SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 09:36
Last Modified: 02 Aug 2024 09:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19430

Actions (login required)

View Item View Item