PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP COMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE

Hartati, Deti and Fachri, Eka Saputra and Seprianti, Eka Putri (2021) PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP COMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DETI HARTATI (C1B017137) MANAJEMEN 2017..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Teknologi zaman sekarang telah mengalami perkembangan dan dimana perkembangan tersebut banyak memberikan dampak di segala aspek kehidupan masyarakat juga termasuk dalam dunia bisnis seperti toko online dan semakin bnayak perusahaan di Indonesia berlomba-lomba memanfaatkan sistem teknologi sebagai cara perusahaan meningkatkan keuntungan. Dengan adanya penggunaan teknologi tersebut terjadinya pergeseran perilaku konsumen yang pada awalnya melakukan pembelian secara offline sekarang sudah melakukan pembelian secara online. Penelitian ini akan meneliti salah para pengguna e-commerce di Indonesia yaitu shopee. Dari saluran online fitur hedonis telah memunculkan berbelanja yang berkontribusi pada pengembangan pembelian kompulsif yang berasal dari beberapa fakta yang ditemukan bahwa konsumen dengan kecenderungan kompulsif memiliki keasikan terus menerus untuk berbelanja dan menggunakan kegiatan berbelanja sebagai sarana untuk megurangi kecemasan yang dirasakan oleh konsumen. Penelitian ini akan menguji model empiris dari penelitian sebelumnya dengan objek penelitian yang berbeda yaitu meneliti pengguna e commerce shopee. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) apakah gratification seeking berpengaruh terhadap compulsive buying, (2) apakah idea shopping berpengaruh terhadap compulsive buying, (3) apakah adventure shopping berpengaruh terhadap compulsive buying, (4) apakah social shopping berpengaruh terhadap compulsive buying (5) apakah role play berpengaruh terhadap compulsive buying, (6) apakah value shopping berpengaruh terhadap compulsive buying. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian online secara compulsive buying di e-commerce shopee. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling. Jumlahsampel dalam penelitian ini adalah 209 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistic versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gratification seeking berpengaruh positif dan signifikan terhadap compulsive buying, (2) idea shopping berpengaruh positif dan signifikan terhadap compulsive buying, (3) adventure shopping berpengaruh positif dan signifikan terhadap compulsive buying, (4) social shopping berpengaruh positif dan signifikan terhadap compulsive buying (5) role play berpengaruh positif dan signifikan terhadap compulsive buying, (6) value shopping berpengaruh positif dan signifikan terhadap compulsive buying. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu gratification seeking, idea shopping, adventure shopping, social shopping, role play, value shopping berpengaruh positif dan signifikan terhadap compulsive buying pada pengguna e-commerce shopee. Menyarankan kepada perusahaan e-commerce shopee untuk lebih memperhatikan variabel-variabel yang dapat secara simultan meningkatkan penjualan dan dapat memenuhi kebutuhan kosumen agar konsumen dapat melakukan pembelian di e-commerce shopee dengan perilaku hedonis dan melakukan pembelian kompulsif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:17
Last Modified: 05 Aug 2024 01:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19433

Actions (login required)

View Item View Item