PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DEEP BREATHING TERHADAP KECEMASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LEBONG

Fikrah, Ahnaf and Wayan, Dharmayana and Rita, Sinthia (2023) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DEEP BREATHING TERHADAP KECEMASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Ahnaf Fikrah (A1L018065) Finish!! - Ahnaf Fikrah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh konseling kelompok dengan teknik deep breathing terhadap kecemasan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one-group pretest- posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 SMP Negeri 1 Lebong yang berjumlah 32 siswa. Sampel ditentukan menjadi enam siswa dengan tingkat kecemasan komunikasi interpersonal sangat berat, dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dengan skala pengukuran DASS (Depression Anxiety Stress Scale). Data dianalisis dengan menggunakan uji t (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan tingkat kecemasan komunikasi interpersonal siswa setelah diberikan treatment konseling kelompok dengan teknik deep breathing. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai t = 6.697 (p < 0,05). Artinya terdapat pengaruh treatment yang signifikan terhadap kecemasan komunikasi interpersonal siswa dengan teknik deep breathing pada siswa SMP Negeri 1 Lebong. Kata Kunci : Kecemasan Komunikasi Interpersonal, Konseling Kelompok, Teknik Deep Breathing

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:53
Last Modified: 05 Aug 2024 02:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19442

Actions (login required)

View Item View Item