Saputra, Novri Hemdi and Yessy, Elita and Sri, Saparahayuningsih (2023) PENGARUH LAYANAN INFORMASI FORMAT KLASIKAL DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 1 DI SMAN 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI NOVRI HEMDI SAPUTRA_A1L017030 - Novri hemdi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi secara klasikal dengan teknik modeling simbolik terhadap manajemen waktu belajar. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-grup, pre test-post test design. Populasi yang diambil sebanyak 148 orang kelas X MIPA dan Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Kota Bengkulu berjumlah 32 orang siswa. Prosedur pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala model likert. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini terbukti bahwa manajemen waktu belajar siswa meningkat setelah diberikan layanan informasi. Hasil uji perbedaan pre test dan post test dengan nilai t adalah -29,254 dan taraf signifikasi adalah 0,000 (p<0,005) sehingga hipotesis (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Rata-rata manajemen waktu belajar siswa sebelum diberikan treatment kategori rendah dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata menjadi kategori tinggi. Penelitian ini juga membuktikan bahwa layanan informasi dengan teknik modeling simbolik ini efektif untuk meningkatkan manajemen waktu belajar siswa pada siswa kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan kepada guru BK untuk mengatasi masalah manajemen waktu belajar dapat digunakan layanan informasi format klasikal dengan teknik modeling simbolik. Kata Kunci : Manajemen waktu belajar, Layanan Informasi, Modeling Simbolik
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 04:27 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 04:27 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19453 |
Actions (login required)
View Item |