UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN (GAMES) PADA SISWA SMK N 4 KOTA BENGKULU

Ningsih, Tri Suprihatin and Syahriman, Syahriman and Rita, Sinthia (2023) UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN (GAMES) PADA SISWA SMK N 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TRI SUPRIHATIN NINGSIH NPM A1L016057 - Tri Suprihatin Ningsih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh konsentrasi belajar rendah yang mengakibatkan masalah untuk siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik permainan (game) pada siswa SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Siswa kelas X NKPI 1 berjumlah 28 orang sebagai populasi dengan teknik purposive sampling diambil sampel 7 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala Likert. Analisis data menggunakan Uji T (paired sample test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan adanya peningkatan konsentrasi belajar siswa setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik permainan (game) sebagai perlakuan. Hal ini ditunjukan dengan nilai T = 7.193 dan sig (2-tailed) 0.000<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada peningkatan konsentrasi belajar menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik permainan (game) pada siswa SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Kata kunci : Konsentrasi belajar, Konseling kelompok, Teknik permainan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:43
Last Modified: 05 Aug 2024 04:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19458

Actions (login required)

View Item View Item