Andriani, Reka Febri and Rosane, Medriati and Iwan, Setiawan (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI REKA FEBRI ANDRIANI-PERPUS UNIB - Reka febri Andriani.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kelayakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi usaha dan energi untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMA, dan (2) Mendeskripsikan persepsi peserta didik LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi usaha dan energi untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yakni define, design, dan development. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif. Sampel data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 90 orang siswa kelas X dari 3 sekolah yaitu SMAN 1 Bengkulu Selatan, SMAN 7 Bengkulu Selatan, dan SMAN 6 Bengkulu Selatan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak pada uji validitas kelayakan oleh tim ahli dengan persentase nilai rata-rata sebesar 91% sehingga LKPD yang dikembangkan dapat digunakan sebagai referensi bahan ajar tambahan dan menghasilkan persepsi siswa dengan persentase nilai rata-rata sebesar 89% yang berada pada kategori sangat baik diujicobakan. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, LKPD, Inkuiri Terbimbing
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 08:29 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 08:29 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19466 |
Actions (login required)
View Item |