PELAKSANAAN KEGIATAN TAHFIDZ QUR’AN DI PESANTREN MAHASISWA DAI KOTA BENGKULU) (Studi Kasus Kegiatan Tahfidz Qur’an di Pesantren Mahasiswa Da’i Kota Bengkulu)

Arfi, Muhammad and Rufran, Zulkarnain and Ririn, Gusti (2023) PELAKSANAAN KEGIATAN TAHFIDZ QUR’AN DI PESANTREN MAHASISWA DAI KOTA BENGKULU) (Studi Kasus Kegiatan Tahfidz Qur’an di Pesantren Mahasiswa Da’i Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
ARIF SKRIPSI fikss_123456 - raidi ripawan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan kegiatan Thafidz Qur‘an di pesantren mahsiswa Da‘i Kota Bengkulu. Metode penelitian ini, penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi waktu, triangulasi subjek dan triangulasi teknik, subjek penelitian adalah ustadz yang menjadi guru dan dua orang peserta didik (santri mahasiswa) yang aktif mengikuti pemebelajaran di pesantren Tahfidz Qur‘an. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Pesantren Mahasiswa Da‘i berdiri memiliki tujuan pembelajaran Thafiz Qur‘an agar mahasiswa yang sedang berkuliah mendapatkan ilmu bekal ilmu agama selain ilmu akademik yang di dapatknya selama di kampus, sebelum mengikuti pembelajaran di pesantren, mahasiswa membantu ustadz untuk mempersipakan media pembelajaran dan ustadz menyiapkan bahan ajar, media belajar yang di gunakan berupa infocus dan yang menjadi guru pendidik di Pesantren Mahasiswa Da‘i yakni ustadz dari alumni Institut Islam Negri Bengkulu, metode pembelajaran yang digunkan di pesantren Tahfiz Qur‘an adalah ustadz menerakan metode ceramah dan praktek mengaji. Penerapan metode disesuaikan dengan pembelajaran yang sedang di pelajari. Untuk materi pembelajaran ada tig materi yaitu pembelajaran (Fiqih tentang shoat, puasa dan lain-lain) (Akhlaq tentang kejujuran, baik buruk pergaulan sopan santun) (Tauhid tentang keimanan kepada Allah), akan tetapi dalam pembelajaran di Pesantren Mahasiswa Da‘I yaitu saat santri menyetorkan hapalah Al-Qur‘an tidak ada bukti kartu kontrol storan menghapal. Kata Kunci : Pelaksanaan, Thafidz Qur’an, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:03
Last Modified: 06 Aug 2024 04:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19503

Actions (login required)

View Item View Item