CADANGAN KARBON ORGANIK DI LAHAN BEKAS TAMBANG BATUBARA PADA TEGAKAN POHON AKASIA (Acacia mangium) UMUR 10 TAHUN DI PT RATU SAMBAN MINING KABUPATEN BENGKULU TENGAH PROVINSI BENGKULU

Galuh, Galuh and Wiryono, Wiryono and Hery, Suhartoyo, (2022) CADANGAN KARBON ORGANIK DI LAHAN BEKAS TAMBANG BATUBARA PADA TEGAKAN POHON AKASIA (Acacia mangium) UMUR 10 TAHUN DI PT RATU SAMBAN MINING KABUPATEN BENGKULU TENGAH PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI GALUH E1B017053.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar cadangan karbon organik tanah dan kandungan karbon di atas permukaan tanah di lahan bekas tambang batubara pada tegakan akasia (Acacia mangium) umur 10 tahun di PT Ratu Samban Mining Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu dan menduga hubungan antara karbon organik tanah dan karakteristik tanah, yaitu sifat kimia dan fisik tanah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2021 bertempat di Kecamatan Pematang Tiga, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, Laboratorium Jurusan Ilmu Tanah dan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu. Metode pengumpulan data terdiri dari penentuan lokasi sampel, pembuatan plot menggunakkan metode purposive sampling dengan membuat 4 plot di lokasi penelitian, pengambilan sampel tanah dengan dua metode yaitu metode komposit dengan melakukan pengambilan sampel tanah untuk dianalisis analisis kadar air kapasitas lapang dan berat volume, kemudian dengan metode ring sampel untuk dilakukan analisis sifat-sifat tanah seperti tekstur, pH, C- Organik, N, P, K, dan KTK. pengambilan data pohon dengan melakukan pengukuran tinggi dan diameter, pengambilan seresah dan tumbuhan bawah dengan mengambil tumbuhan yang berdiameter < 2 cm seperti herba dan rerumputan. Hasil penelitian menunjukkan kandungan karbon tanah setiap kedalaman tanah mulai dari 0–10 cm, 10–20 cm, dan 20-30 cm. Jumlah cadangan karbon pada lahan reklamasi bekas tambang pada tegakan akasia (Acacia mangium) umur 10 tahun di PT Ratu Samban Mining Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu yaitu setara dengan 20,44 ton/ha, sedangkan hasil cadangan karbon di atas permukaan pada tingkat pohon sebesar 115,620 ton/ha, sedangkan cadangan karbon pada seresah sebesar 0,942 ton/ha dan tumbuhan bawah sebesar 0,501 ton/ha.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:04
Last Modified: 06 Aug 2024 08:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19534

Actions (login required)

View Item View Item