PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 16 KOTA BENGKULU

Harits, M.Dhaifullah and Sri, Dadi and Lukman, Lukman (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 16 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi full - M Dhaifullah Harits.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di SDN 16 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian The Matching Only Pre-Test-Post Test Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan sampel berdasarkan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan teknik pengumpulan data berupa pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis post-test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian dilakukan uji hipotesis (uji-t) dengan jumlah mata pelajaran bahasa Indonesia thitung (3,730) > ttabel (1,670) dan pada mata pelajaran IPA thitung (3,231) > ttabel (1,670). Berdasarkan thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik di SDN 16 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Hasil Belajar, Audio Visual, Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:15
Last Modified: 06 Aug 2024 08:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19540

Actions (login required)

View Item View Item