ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV A SDN 05 KOTA BENGKULU

Nurfadilah, Afifah and Resnani, Resnani and Abdul, Muktadir (2023) ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV A SDN 05 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI-AFIFAH NURFADILAH-PGSD-_compressed - Afifah Nur Fadillah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IV A di SDN 05 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas IV A yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik tes.Teknis analisis data lembar observasi menggunakan rumus nilai rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan rentang nilai untuk setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil observasi aktivitas guru rata-rata skor siklus I sebesar 65 kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 92 kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa rata-rata skor siklus I sebesar 65 kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 94,5 kategori sangat baik. Hasil belajar siswa aspek sikap rata-rata skor siklus I sebesar 9,11 kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 11,14 kategori sangat baik. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I rata-rata 68,52 dengan ketuntasan belajar klasikal 61,76% meningkat pada siklus II menjadi 81,61 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,35%. Hasil belajar pada mata pelajaran IPA pada siklus I rata-rata 73,08 dengan ketuntasan belajar klasikal 73,52% meningkat pada siklus II menjadi 78,23 dengan ketuntasan belajar 85,29%. Hasil belajar aspek keterampilan rata-rata skor siklus I sebesar 6,02 kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 7,46 kategori sangat baik. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IV A SDN 05 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Aktivitas, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:42
Last Modified: 06 Aug 2024 08:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19551

Actions (login required)

View Item View Item