PERUBAHAN PERILAKU KEUANGAN PENGUSAHA KULINER DI KOTA BENGKULU PADA MASA PANDEMI COVID-19

Rahayu, Katrin and Dewi, Rahmayanti and Fitri, Santi (2021) PERUBAHAN PERILAKU KEUANGAN PENGUSAHA KULINER DI KOTA BENGKULU PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi katrin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perilaku keuangan adalah perilaku manusia yang relevan dengan manajemen keuangan (Xiao, 2008). Manajemen keuangan yang mempelajari mengenai perilaku keuangan manusia yang disebut behavioral finance. Perubahan perilaku adalah proses perubahan yang dialami individu berdasarkan apa yang telah dipelajari, entah itu dari peran perantara keluarga, teman, lingkungan, atau dari diri mereka sendiri. Proses perubahan tersebut sangat ditentukan oleh kondisi dan kebutuhan individu tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti perubahan perilaku keuangan pengusaha kuliner di kota Bengkulu pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner online dan offline untuk mendapatkan informasi dari responden. Jenis kuesioner yang digunakan melalui screening question dan pertanyaan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha kuliner di kota Bengkulu. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 39 responden. Pengujian data dilakukan dengan alat analisis menggunakan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terjadi perubahan perilaku keuangan yaitu money management pengusaha kuliner di kota Bengkulu sebelum dan pada masa pandemi Covid-19. Cara yang dilakukan pengusaha kuliner dalam menghadapi pandemi Covid-19 yaitu melakukan penjualan secara online, menggunakan aplikasi keuangan seperti Ovo, Dana, E-Money, Shopeepay, M�Banking, dan E-wallet untuk memudahkan dalam bertransaksi menjalankan usaha di masa pandemi Covid-19, menggunakan aplikasi pesan antar makanan seperti Grabfood dan Maxim dalam melakukan penjualan dan pemasaran produk di masa pandemi Covid -19, menggunakan sosial media seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, dan TikTok untuk melakukan promosi usaha kuliner pada masa pandemi Covid – 19, dan menyediakan wifi di tempat usaha untuk memudahkan melakukan penjualan dan bertransaksi pada masa pandemi Covid – 19. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkaji lebih mendalam mengenai perubahan perilaku keuangan pengusaha kuliner selama pandemi Covid-19 maupun bukan selama pandemi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:57
Last Modified: 06 Aug 2024 08:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19554

Actions (login required)

View Item View Item