Angel Lamtiar Br Naibaho, Nikita and Fahrudin, JS Pareke and Praningrum, Praningrum (2021) PENGARUH REPUTASI, DAYA TARIK PERUSAHAAN, DAN KOMPENSASI TERHADAP MINAT MELAMAR KERJA (Studi Pada Alumni Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bengkulu Tahun 2020). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
pdf skripsi_Nikita Angel Lamtiar Br Naibaho (C1B017084).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Bekerja sebagai salah satu aktifitas manusia dan setiap orang pasti membutuhkan pekerjaan. Semua orang pasti berharap mereka dapat bekerja di tempat yang layak dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Sebelum mempunyai pekerjaan, seseorang harus melamar dahulu ke perusahaan yang diinginkan. Sebelum melamar kerja, alumni tentu akan tertarik dahulu. Setelah tertarik maka akan memiliki minat melamar pekerjaan. Minat melamar kerja timbul dari saat suatu perusahaan dinilai menarik oleh para alumni. Alumni FEB UNIB tahun 2020 juga membutuhkan pekerjaan. Banyak alumni FEB UNIB Tahun 2020 yang menginginkan bekerja dan melamar pekerjaan di perusahaan, baik perusahaan milik negara maupun swasta. Pada saat ingin melamar kerja di perusahaan tentu alumni FEB UNIB tahun 2020 akan mempertimbangkan berbagai faktor. Faktor yang bisa dipertimbangkan adalah reputasi perusahaan, daya tarik perusahaan, dan kompensasi. Perusahaan yang memiliki reputasi yang baik akan menarik banyak calon tenaga kerja potensial. Selanjutnya, hubungan daya tarik perusahaan terhadap minat melamar kerja adalah seseorang yang mempunyai persepsi menarik tentang suatu perusahaan, maka akan memiliki minat untuk melamar ke perusahaan tersebut. Dan yang terakhir, alasan kompensasi mempengaruhi minat melamar kerja karena kompensasi yang sesuai dapat menarik pencari kerja dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Karena para pencari kerja melihat bahwa pekerjaan mereka akan dihargai di perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) apakah reputasi perusahaan berpengaruh terhadap minat melamar kerja, (2) apakah daya tarik perusahaan berpengaruh terhadap minat melamar kerja, (3) apakah kompensasi berpengaruh terhadap minat melamar kerja, dan (4) apakah reputasi perusahaan, daya tarik perusahaan dan kompensasi berpengaruh secara simultan terhadap minat melamar kerja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, di mana terdapat pengujian hipotesis. Metode pegumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner online untuk mendapatkan informasi dari responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh alumni yang mengambil jenjang pendidikan D3 dan S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu tahun 2020, sedangkan sampel dalam penelitian diambil dengan metode purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 173 responden. Pengujian data dilakukan dengan alat analisis IBM SPSS 25.0. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 43. Setelah dilakukan pengujian instrument dapat diketahui bahwa seluruh item pernyataan valid. Lalu,setiap variabel memiliki nilai reliabilitas yang lebih besar dari 0,6. Kesimpulannya adalah data ini telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan dalam penelitian telah memenuhi syarat, dan layak untuk digunakan dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah (1) reputasi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar kerja. (2) Daya tarik perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar kerja. (3) Dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar kerja. Selain itu, dari uji F yang dilakukan dapat diketahui bahwa reputasi, daya tarik perusahaan dan kompensasi berpengaruh secara simultan terhadap minat melamar kerja. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan untuk reponden. Variabel minat melamar kerja memiliki pernyataan tidak akan menerima tawaran pekerjaan jika diterima di perusahaan ini. Alasannya adalah karena ada tiga variabel yang mempengaruhinya yaitu: dari variabel reputasi, responden harus melamar ke perusahaan yang berorientasi kepada konsumen, responden mencari tahu dahulu apakah perusahaan tersebut sebagai pemberi kerja yang baik, dari program CSR yang dilakakukan responden dapat mengetahui bahwa perusahaan tersebut bertanggung jawab kepada masyarakat umum dan lingkungan umum. Variabel daya tarik perusahaan, responden harus bisa memulai dan membangun hubungan yang baik dengan koleganya, dan untuk menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan perlunya membangun komunikasi yang baik. Responden harus mencari tahu apakah perusahaan yang dilamarnya mendukung karyawannya untuk mengimplementasikan ilmu yang dimilikinya, dan responden harus diterima dahulu di perusahaan tersebut, sehingga bisa memutuskan merasa menerima dan memiliki perusahaan. Dan yang terakhir dari kompensasi, responden pada saat dinyatakan diterima di perusahaan tersebut harus bekerja dengan kinerja yang maksimal agar bonus yang diperoleh sesuai dengan standar, harus bisa mencapai target yang diitetapkan perusahaan, sehingga insentif yang diberikan tidak kurang, dan responden dapat meminta jaminan sosial tersebut ketika bekerja di perusaaan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 02:13 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 02:13 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19574 |
Actions (login required)
View Item |