PENGARUH WORK LIFE BALANCE DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA PEGAWAI BAGIAN PENYULUHAN DINAS PERTANIAN DAN PERIKANAN KABUPATEN LEBONG

Cristoper, Royen and Slamet, Widodo and Sugeng, Susetyo (2021) PENGARUH WORK LIFE BALANCE DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA PEGAWAI BAGIAN PENYULUHAN DINAS PERTANIAN DAN PERIKANAN KABUPATEN LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Royen Cristoper.C1B016038_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Setiap perusahaan pada umumnya menginginkan agar sumber daya manusia yang mereka miliki mempunyai produktivitas yang tinggi dalam bekerja. Berdasarkan hasil survei wawancara ke 5 pegawai secara acak, diperoleh bahwa lingkungan tempat mereka bekerja kurang kondusif dikarenakan adanya banyak suara yang berisik baik dari para pegawai yang ada di perkantoran maupun gangguan yang ada di luar perkantoran diluar ruangan tempat mereka bekerja dan didapat juga bahwa masih ada beberapa karyawan yang melakukan pekerjaan mereka diluar jam kerja yang sudah ditetapkan, terkait dengan pembayarannya di luar jam kerja tersebut belum begitu jelas. Demi menjaga kualitas dan komitmen dari para karyawan yang dituntut harus mencapai target yang diberikan, pada umumnya banyak perusahaan saat ini menerapkan program Work-Life Balance. Dalam kepuasan kerja, lingkungan kerja juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan.. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) apakah terdapat pengaruh Work life balance terhadap kepuasan kerja (2) apakah terdapat pengaruh Lingkungan Kerja terhadap kepuasan kerja (3) apakah terdapat pengaruh Work life Balance dan Lingkungan Kerja secara simultan terhadap Kepuasan Kerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari sebaran kuesioner online. Kuesioner disebarkan kepada 78 pegawai Bagian Penyuluhan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong. Pengambilan sampel menggunakan metode sensus dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan Software Statistical Package For Social Science (SPSS) versi 20. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) work life balance berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. 2) lingkungan kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan, saran yang dapat diberikan, yaitu Dalam melaksanakan pekerjaannya atasan diharapkan lebih memperhatikan lagi keseimbangan kehidupan keluarga pegawai dan pekerjaan mereka agar lebih baik dalam keseimbangannya. Seperti memberikan bonus kepada pegawai atas hasil kerja mereka maka pegawai akan merasa mereka dihargai atas hasil pekerjaannya dan termotivasi dalam melaksanakan tugas yang di berikan oleh atasan. Agar kepuasan kerja pegawai Bagian Penyuluhan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong menjadi semakin baik untuk kedepannya, maka perlu adanya dari setiap variabel yang ada, karena pada indikator tersebut terutama pada indikator work life balance yang memiliki nilai rata rata paling rendah yang berasal dari indikator dimensi Work Interference with personal life (WIPL)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:39
Last Modified: 07 Aug 2024 02:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19581

Actions (login required)

View Item View Item