Hastuti, Ira and Rokhmat, Basuki and Noermanzah, Noermanzah (2023) PENGARUH PORTAL RUMAH BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 25 BENGKULU SELATAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text
TESIS_IRA HASTUTI (A2A20018) OKE - ira hastuti.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Portal Rumah belajar menyediakan materi ajar untuk siswa dan guru dengan terstruktur baik dalam bentuk animasi atau video yang menarik. Selain itu, kelas digital yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara siswa dan guru bisa diakses kapan saja. Hal ini mengakibatkan siswa bisa belajar secara mandiri sesuai dengan motto Portal Rumah Belajar yaitu Belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Portal Rumah Belajar terhadap teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Bengkulu Selatan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan Metode quasy exsperiment. Desain pada penelitian ini yaitu one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini semua siswa SMP Negeri 25 Kabupaten Bengkulu selatan yang berjumlah 124 orang. Sampel berjumlah 21 siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Instrumen penelitian berupa tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif yang diperoleh melalui instrumen teks deskripsi. Uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas. Pengujian dilakukan menggunakan uji paired sampel test dengan program SPSS dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Portal Rumah Belajar terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa SMP Negeri 25 Bengkulu Selatan.hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Kata kunci: Portal Rumah Belajar, Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 03:05 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 03:05 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19588 |
Actions (login required)
View Item |