PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PEMANASAN GLOBAL BERDASARKAN PEMODELAN PARAMETER CUACA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Fitria, Jeni and Rendy, Wikrama Wardana and Henny, Johan (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PEMANASAN GLOBAL BERDASARKAN PEMODELAN PARAMETER CUACA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
(TESIS) JENI FITRIA A2L020005 - Jeni Fitria.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan e-modul interaktif pemanasan global berdasarkan pemodelan parameter cuaca untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: tahap analysis, tahap design, tahap development, tahap implementation, dan tahap evaluation. Pada tahap implementation e-modul interaktif dilakukan uji coba skala terbatas menggunakan metode pre-eksperimen desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian yaitu 29 siswa kelas XI IPA A SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Alat yang digunakan dalam penelitian yaitu perangkat keras (hardware) berupa laptop/komputer/handphone, perangkat lunak atau software Grid Analysis and Display System (GrADS) dan software Flip PDF Professional. Instrumen penelitian terdiri dari lembar angket pendahuluan, lembar soal keterampilan berpikir kritis, lembar validasi produk, lembar validasi instumen tes, lembar angket respon siswa, dan lembar angket respon guru. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi, studi pustaka, studi dokumen, dan tes. Pengembangan menghasilkan e-modul interaktif pemanasan global beserta perangkatnya: (1) Pemodelan parameter cuaca suhu udara, tekanan udara, kelembaban udara dan curah hujan, (2) E-modul interaktif dengan kategori sangat layak digunakan, dengan persentase pada aspek kegrafisan sebesar 88,29%, aspek media sebesar 83,33%, aspek bahasa sebesar 83,33%, aspek penyajian sebesar 85,19%, dan aspek materi/isi sebesar 83,33%, (3) Hasil analisis respon siswa dan guru dengan rata-rata persentase masing-masing 83,90% dan 90,28% yang masuk ke kategori sangat baik, (4) Data peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dari nilai pretest dan posttest diperoleh N-gain sebesar 0,72 yang berarti terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dan berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t-hitung sebesar 38,600 dan t-tabel untuk df=28 adalah 2,048. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel dengan nilai probabilitas (sig.) 0,000 lebih kecil dari 0,05, artinya terjadi peningkatan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah menggunakan e-modul yang dikembangkan. Kata kunci: e-modul interaktif, pemanasan global, parameter cuaca, keterampilan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:08
Last Modified: 07 Aug 2024 03:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19595

Actions (login required)

View Item View Item