PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI SMAIT IQRA KOTA BENGKULU

Yulitasari, Eka and Hanifah, Hanifah and Saleh, Haji (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI SMAIT IQRA KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Eka Yulitasari (A2C020008) - Eka Yulitasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi kaidah pencacahan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah 199 orang siswa kelas XII SMA IT IQRA Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas XII IPA 5 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan lembar kerja peserta didik. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022-2023. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes. Dalam penelitian ini nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada kelas eksperimen adalah sebesar 83,13. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Sederhana. Temuan penelitian ini berdasarkan uji regresi secara signifikansi menunjukkan angka 0,010 < 0,05 dimana nilai fhitung 2,378 < Ftabel 2,64 maka terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Sedangkan secara koefisien dari persamaan regresi sederhana kemampuan pemecahan masalah yaitu Y = 17,070 + 1,064X yang berarti bahwa setiap penambahan 1% pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan lembar kerja peserta didik maka kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat sebesar 1,064. Maka terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah, lembar kerja peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:12
Last Modified: 07 Aug 2024 03:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19596

Actions (login required)

View Item View Item