MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER KERJA SAMA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 08 KOTA BENGKULU MELALUI EKSTRAKURIKULER SENI TARI PERSEMBAHAN DALAM RANGKA PEWARISAN BUDAYA LOKAL

Manera, Lola and Puspa, Djuwita and Bambang, Parmadie (2023) MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER KERJA SAMA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 08 KOTA BENGKULU MELALUI EKSTRAKURIKULER SENI TARI PERSEMBAHAN DALAM RANGKA PEWARISAN BUDAYA LOKAL. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
LOLA MANERA (A2G020016) FKIP( MAGISTER S-2 PENDIDIKAN DASAR) - Lola Manera.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini yaitu mendeskripsikan pengembangan nilai karakter kerja sama pada siswa kelas IV SD Negeri 08 Kota Bengkulu melalui ekstrakurikuler seni tari persembahan dalam rangka pewarisan budaya lokal. Secara khusus tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagian dari tari persembahan yang dapat mengembangkan karakter kerja sama pada siswa. Secara umum mendeskripisikan bagian mana saja tari persembahan yang dapat mengembangkan karakter kerja sama pada siswa dan faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan nilai karakter kerja sama pada siswa melalui ekstrakurikuler seni tari persembahan dalam rangka pewarisan budaya lokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain Studi Kasus Tunggal. Hasil penelitian secara umum setiap bagian dari tari persembahan baik dari pembuka inti dan penutup dapat mengembangkan karakter kerja sama yaitu saling membantu sesama anggota dalam kelompok, menghargai kontribusi setiap anggota kelompok, setiap anggota kelompok mengambil giliran dan berbagi tugas, berada dalam kelompok kerja saat kegiatan berlangsung. Meneruskan tugas yang telah menjadi tanggung jawabnya, mendorong siswa lain untuk berpartisipasi dalam tugas kelompok. Siswa bekerja sama menyelesaikan tugas tepat waktu karena dalam proses ekstrakurikuler seni tari siswa tolong menolong terhadap temannya, siswa dengan teman-temannya juga berkomunikasi dengan baik, siswa mengenal semua temannya yang ikut menari. Hasil penelitian secara khusus disimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler seni tari membentuk nilai karakter kerja sama dilakukan dalam tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan penilaian Selanjutnya karakter kerja sama ini juga diaktualisasikan siswa dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Kedua Faktor yang pendukung dan penghambat dalam mengembangkan karakter kerja sama melalui ekstrakurikuler seni tari persembahan dalam rangka pewarisan budaya lokal meliputi faktor intern (dalam diri) yaitu kurangnya kesadaran dan kepedulian terhadap budaya lokal. Kata Kunci: Pengembanagan, Karakter Kerja Sama, Tari Persembahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:21
Last Modified: 07 Aug 2024 03:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19597

Actions (login required)

View Item View Item