PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HOTS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 21 BENGKULU TENGAH

Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HOTS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 21 BENGKULU TENGAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Rinto Hartono Perpuus_compressed - Rinto Hartono.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan logis, empiris dan profil hasil belajar siswa. Produk hasil mengembangkan Instrumen Penilaian HOTS Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 21 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model yang digunakan pada pengembangan adalah model ADDIE. Subjek dalam penelitian adalah siswa SD Negeri 21 Bengkulu Tengah yang berjumlah 20 siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, dan tes pemahaman konsep ini berupa soal pilihan ganda. Untuk mengukur kelayakan logis dan empiris pemahaman konsep dilakukan terhadap siswa SD kelas empat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis validasi dengan menggunakan Aiken’s V dan reliabilitas Interrater Reliability, serta analisis kuantitatif dengan menggunakan dari segi profil penelitian. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi materi, bahasa, dan desain terhadap penilaian pada soal-soal HOTS sangat layak dan baik digunakan dalam pembelajaran sehingga siswa senang dan tertarik belajar. Hasil penelitian ini hanya menghitung nilai keberhasilan yaitu dengan profil hasil belajar siswa menjawab tingkat level C4 82% dan C5 77,50% dari segi soal pilihan ganda. Kata Kunci: Instrumen Penilaian HOTS, Pembelajaran IPA, Profil Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:36
Last Modified: 07 Aug 2024 03:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19601

Actions (login required)

View Item View Item