PENGARUH WEBSITE QUALITY, WEBSITE REPUTATION, PERCEIVED RISK DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PERUSAHAAN E-COMMERCE

Premantara Purba, Yudha and Seprianti, Eka Putri and Fachri, Eka Saputra (2021) PENGARUH WEBSITE QUALITY, WEBSITE REPUTATION, PERCEIVED RISK DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PERUSAHAAN E-COMMERCE. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
1 SKRIPSI YUDHA PREMANTARA P (3)_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Transaksi jual beli yang awalnya dilakukan dengan bertemu langsung antara penjual dan pembeli, kini mulai berubah. Proses jual-beli barang dan jasa dapat dilakukan dalam genggaman jari berbasis jaringan elektronik. Hal inilah yang disebut E-commerce. Kehadiran E-commerce sangat memudahkan masyarakat jika hendak membeli suatu produk. Dari segi para pelaku usaha, mereka dapat semakin memperluas jangkauan pasarnya. Penyebaran informasi tentang suatu produk dapat dilakukan secara lebih cepat, dan memiliki cakupan yang sangat luas, sehingga hal ini mulai menggeser pola serta cara konsumsi, dan bahkan telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online. Kuesioner mendapatkan 119 responden yang berniat untuk membeli produk di perusahaan e-commerce yang ada di Indonesia. Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitiaan ini menunjukkan bahwa : 1) Website Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention pada perusahaan e-commerce di Indonesia, yang berarti semakin tinggi tingkat website quality maka semakin tinggi pula purchase Intention individu yang berniat untuk melakukan pembelian di perusahaan e-commerce yang ada di Indonesia. 2) Website reputation berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase Intention pada perusahaan e-commerce yang ada di Indonesia, yang berarti semakin tinggi tingkat website reputation maka semakin tinggi pula purchase Intention individu yang berniat untuk melakukan pembelian di perusahaan e�commerce yang ada di Indonesia. 3) Variabel perceived risk berpengaruh negatif terhadap Purchase Intetion pada perusahaan e-commerce di Indonesia, yang berarti semakin rendah tingkat perceived risk maka semakin tinggi pula Purchase Intention individu yang berniat untuk membeli di perusahaan e-commerce yang ada di Indonesia. 4) Variabel Perceived Ease of Use berpengaruh positif terhadap Purchase Intention pada perusahaan e-commerce, yang berarti semakin tinggi tingkat perceived ease of use pada perusahaan e-commerce maka semakin tinggi pula tingkat Purchase Intention di perusahan e-commerce yang ada di Indonesia. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan website quality, website reputation dan perceived ease of use berpengaruh positif terhadap purchase intention, sedangkan perceived risk berpengaruh negative terhadap purchase intention. Saran praktis dalam penelitian ini agar perusahaan dapat terus meningkatkan website quality, website reputation dan perceived ease of use serta mengurangi tingkat perceived risk supaya para pengguna dapat menyelesaikan transaksi lebih cepat sehingga dapat mempersingkat waktunya perusahaan, selanjutnya perusahaan agar tetap terus menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen, yang salah satunya melalui promosi untuk membangun citra perusahaan yang baik; sebagaimana disebutkan dalam indikator variabel website reputation. Lebih lanjut, perusahaan disarankan untuk melakukan pembaruan website/aplikasi secara berkala untuk menjamin keamanan pengguna,

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:03
Last Modified: 07 Aug 2024 04:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19602

Actions (login required)

View Item View Item