PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI UNTUK MENDIAGNOSIS PEMAHAMAN PENGETAHUAN FAKTUAL, KONSEPTUAL, PROSEDURAL DAN METAKOGNITIF MAHASISWA PADA MATERI EKOSISTEM

Walid, Ahmad and Endang, Widi Winarni and Fitri, April Yanti (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI UNTUK MENDIAGNOSIS PEMAHAMAN PENGETAHUAN FAKTUAL, KONSEPTUAL, PROSEDURAL DAN METAKOGNITIF MAHASISWA PADA MATERI EKOSISTEM. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
disertasi ahmad walid fiksssss nian.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan berargumentasi untuk mendiagnosis pemahaman pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif mahasiswa pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan desain model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Sampel penelitian dipilih secara acak dan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan yaitu angket, wawancara, validasi, dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah profil rata-rata pencapaian skor tertinggi diantara 3 PT yaitu PT C sebesar 49,10% diikuti oleh PT A dan PT B dengan capaian skor yang yaitu 48,52% dan 48,48%. Analisis karakteristik instrumen penilaian keterampilan berargumentasi mampu mengidentifikasi struktur berargumentasi mahasiswa, kualitas produksi argumentasi mahasiswa dan pola proses berpikir mahasiswa dalam rangka menjelaskan, memutuskan, menunjukkan, dan menghasilkan penyelesaian masalah. Kelayakan pengukuran instrumen penilaian keterampilan berargumentasi untuk pembelajaran ekosistem dijamin oleh hasil penilaian ahli dari segi sejauh mana butir soal tersebut mewakili konstruks yang diukur diperoleh nilai rata-rata V aiken berturut-turut adalah 0,99; 0,96; dan 1,00 dengan nilai kritik ≥ 0,79, maka hasil analisis dinyatakan sangat baik. pengujian reliabilitas dan validitas instrument penilaian keterampilan beragumentasi berdasarkan hasil output LISREL 8,80 memiliki construct reliability (0,96 > 0,70) dan valid (t-value ˃ 1,96) hal ini menunjukkan bahwa reliabilitas dan validitas secara keseluruhan baik, pengujian Goodness of Fit (GoF) pada uji coba skala luas terbukti valid untuk soal adalah: p- value = 0,33; GFI = 0,90; RMSEA = 0,052; dan CFI = 0,94. Keefektifan instrumen penilaian keterampilan berargumentasi sudah memenuhi sebagai instrumen yang baik setelah di uji pada skala luas dengan uji goodness of fit dengan nilai INFT MNSQ pada rentang 0,77 -1.30 (Butir yang diterima) dan difficult index pada rentang nilai -2≤b≤+2, memiliki reliabilitas dengan interpretasi “tinggi”. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan instrumen penilaian yang telah dikembangkan tersebut dinyatakan valid dan praktis sehingga layak untuk digunakan. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Keterampilan Berargumentasi, Dimensi Kognitif, Ekosistem

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:34
Last Modified: 07 Aug 2024 04:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19614

Actions (login required)

View Item View Item