Andaria, Meri and Aceng, Ruyani and Fitri, April Yanti (2023) PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERKAIT INFORMAL SCIENCE EDUCATION (ISE) OMSPRA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Disertasi Hasperi Susanto - Wisdi Risanto.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimanakah keterampilan proses sains peserta didik saat ini di SD Kabupaten Kepahiang, menghasilkan model PjBL ISEO yang memiliki karakteristik untuk meningkatkan keterampilan proses sains yang layak dan efektif. Research and development (R&D) ini mengadaptasi model pengembangan 4-D (define, design, develop, disseminate) dengan penggalian data melalui wawancara, observasi, studi dokumen, validasi ahli, uji coba terbatas, uji coba luas dan LPM PJBL KPS. Hasil penelitian ini adalah : 1) Keterampilan proses sains peserta didik di SD Kabupaten Kepahiang meningkat signifikan dengan penerapan model PjBL ISEO. 2) Model PjBL ISEO yang memiliki karakteristik pembelajaran sains informal diluar kelas (ISE), menggunakan model PjBL, wahana eduwisata alam yang penuh misi dan Outbound menyenangkan. 3) Model PjBL ISEO dinyatakan sangat layak oleh para ahli dengan nilai rata-rata sebesar 3.67 dan persentase 89.0 %. 4) Model PjBL ISEO dinyatakan sangat efektif dengan perolehan nilai gain KPS dasar sebesar 0.80 dan dengan nilai persentasi 80,10 % dengan predikat gain tinggi. Model PjBL ISEO ini sangat layak dan efektif digunakan dengan menghasilkan produk utama berupa wahana eduwisata PjBL ISEO dengan 2 buah buku pendamping yakni buku panduan praktikum dan buku model PjBL ISEO sebagai novelty utamanya. Model ini memiliki kontrubusi besar dalam pendidikan terutama melengkapi praktikum sains luar kelas yang belum maksimal dilakukan oleh guru sekolah dasar (sekolah formal). Kata Kunci: Alam, Informal Science Education, ISEO, KPS, Laboratorium, PjBL
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 04:49 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 04:49 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19619 |
Actions (login required)
View Item |