PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 MAN 01 BENGKULU UTARA

Febriyanti, Indri and Sri, Saparahayuningsih and Arsyadani, Mishbahuddin (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 MAN 01 BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
FILE_SKRIPSI_INDRI FEBRIYANTI_A1L019015_BIMBINGAN DAN KONSELING - Aulia indah Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self-Management terhadap motivasi peserta didik kelas X IPS 2 MAN 01 Bengkulu Utara. Penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen menggunakan subjek 9 orang peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket motivasi belajar. Data dianalisis menggunakan rumus uji-t. dengan hasil nilai t = -27,618 (p < 0,05) ini berarti terdapat pengaruh signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menunjukan skor rata-rata motivasi belajar sebelum diberikan treatment termasuk ke dalam kategori rendah dan setelah diberikan treatment dalam kategori tinggi. Terjadinya peningkatan skor rata-rata motivasi belajar peserta didik setelah di berikan treatment layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self-Management yang efektif untuk meningkatkan motivasi peserta didik kelas X IPS 2 MAN 01 Bengkulu Utara. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru bimbingan dan Konseling untuk dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self-Management yang efektif untuk meningkatkan motivasi peserta didik. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Self- Management

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 08:18
Last Modified: 07 Aug 2024 08:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19643

Actions (login required)

View Item View Item