Febriyanti, Indri and Sri, Saparahayuningsih and Arsyadani, Mishbahuddin (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 MAN 01 BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
FILE_SKRIPSI_INDRI FEBRIYANTI_A1L019015_BIMBINGAN DAN KONSELING - Aulia indah Sari.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self-Management terhadap motivasi peserta didik kelas X IPS 2 MAN 01 Bengkulu Utara. Penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen menggunakan subjek 9 orang peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket motivasi belajar. Data dianalisis menggunakan rumus uji-t. dengan hasil nilai t = -27,618 (p < 0,05) ini berarti terdapat pengaruh signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menunjukan skor rata-rata motivasi belajar sebelum diberikan treatment termasuk ke dalam kategori rendah dan setelah diberikan treatment dalam kategori tinggi. Terjadinya peningkatan skor rata-rata motivasi belajar peserta didik setelah di berikan treatment layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self-Management yang efektif untuk meningkatkan motivasi peserta didik kelas X IPS 2 MAN 01 Bengkulu Utara. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru bimbingan dan Konseling untuk dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self-Management yang efektif untuk meningkatkan motivasi peserta didik. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Self- Management
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 08:18 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 08:18 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19643 |
Actions (login required)
View Item |