Mufianti, Faddila and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Afifatus, Sholihah (2023) PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK REFRAMING TERHADAP KEMATANGAN EMOSI SISWA SMP NEGERI 06 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI FADDILA MUFIANTI ( A1L019025) PRODI BK - Faddila Mufianti.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan guna meningkatkan pengaruh layanan informasi dengan teknik reframing terhadap kematangan emosi siswa kelas VIII B SMP Negeri 06 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Penelitian ini menggunakan subjek berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner kematangan emosi dengan model skala likert. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata kematangan emosi siswa sebelum diberikan layanan informasi dengan teknik reframing rata-rata skor 96 dengan kategori sedang dan setelah diberikan layanan informasi dengan teknik reframing rata-rata skor 127 dengan kategori tinggi. Hasil 3w uji t menunjukan nilai t = -14.154 (p<0,05) yang berarti ada perbedaan yang signifikan terhadap kematangan emosi siswa antara sebelum dan setelah diberikan layanan informasi dengan teknik reframing. Artinya layanan informasi dengan teknik reframing berpengaruh untuk meningkatkan kematangan emosi siswa kelas VIII B di SMP Negeri 06 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru bimbingan dan konseling hendaknya mempergunakan layanan informasi dengan teknik reframing guna meningkatkan kematangan emosi siswa. Kata kunci : Kematangan Emosi,Teknik Reframing, layanan informasi
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 08:43 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 08:43 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19652 |
Actions (login required)
View Item |