MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DENGAN PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Sonia, Indah and Yessy, Elita and Anni, Suprapti (2023) MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DENGAN PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI INDAH SONIA_A1L019054_BK FKIP - Indah Sonia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten menggunakan metode jigsaw terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu yang berjumlah 162 siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII 2 yang berjumlah 25 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan skala Guttman. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji One Way Anova. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada setiap pertemuan layanan penguasaan konten metode jigsaw yang diberikan. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji One Way Anova diperoleh 0,000 (p < 0,05) sehingga Ho ditolak Ha diterima. Artinya terdapat peningkatan yang signifikan terhadap keaktifan belajar siswa pada pertemuan pertama, kedua dan ketiga layanan penguasaan konten metode jigsaw siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Keaktifan belajar siswa, Jigsaw, Layanan Penguasaan Konten

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Aug 2024 01:52
Last Modified: 08 Aug 2024 01:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19656

Actions (login required)

View Item View Item