PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN CYBERBULLYING SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Pratiwi, Rahma and I Wayan, Dharmayana and Sri, Saparahayuningsih (2023) PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN CYBERBULLYING SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RAHMA PRATIWI_A1L019050_PERPUS UNIB - Rahma pratiwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian layanan informasi menggunakan media video animasi untuk meningkatkan pemahaman cyberbullying siswa kelas X di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling siswa kelas X PPLG 1 berjumlah 26 orang siswa. Data dikumpulkan menggunakan instumen tes dengan dua pilihan benar-salah. Data dianalisis menggunakan rumus t test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pemahaman cyberbullying sebelum diberikan perlakuan ada dalam kategori sedang dan setelah diberikan perlakuan ada dalam kategori tinggi dengan t = -12,856 (p < 0,05). Jadi, layanan informasi menggunakan media video animasi efektif untuk meningkatkan pemahaman cyberbullying siswa kelas X PPLG 1 di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menyarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk menggunakan layanan informasi menggunakan media video animasi dalam meningkatkan pemahaman cyberbullying siswa. Kata kunci: Layanan Informasi, Media Video Animasi, Pemahaman Cyberbullying

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:01
Last Modified: 08 Aug 2024 02:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19663

Actions (login required)

View Item View Item