Nata, Waqina and I Wayan, Dharmayana and Sri, Saparahayuningsih (2023) PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN FORMAT KLASIKAL TERHADAP PEMAHAMAN PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA KELAS XI SMKN 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
WAQINA NATA (A1L019064) BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - waqina nata.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi dengan format klasikal terhadap pemahaman perilaku konsumtif siswa kelas XI BC 2 SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pretest-posttest design dengan populasi 88 siswa kelas XI dengan jumlah sampel 28 orang siswa dari kelas XI BC 2 SMK Negeri 3 Kota Bengkulu yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman benar-salah. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t (paired sample t-test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman perilaku konsumtif siswa setelah diberikannya layanan informasi dengan format klasikal sebagai treatment. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor sebelum diberikan treatment adalah 26,60 dalam kategori sedang dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata skor menjadi 33,03 dalam kategori tinggi. Hasil uji t menunjukkan nilai t = -5,632 (P< 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya adanya pengaruh layanan informasi dengan format klasikal terhadap pemahaman perilaku konsumtif pada siswa kelas XI BC di SMKN 3 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Layanan Informasi, Format Klasikal
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 02:07 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 02:07 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19667 |
Actions (login required)
View Item |