ANALISIS FRAMING BERITA EDITORIAL PENOLAKAN TIMNAS ISRAEL BERMAIN PADA PIALA DUNIA SEPAK BOLA U-20 DI INDONESIA PADA SURAT KABAR DARING NASIONAL

Saputra, Arian and Agus, Trianto and Arono, Arono (2023) ANALISIS FRAMING BERITA EDITORIAL PENOLAKAN TIMNAS ISRAEL BERMAIN PADA PIALA DUNIA SEPAK BOLA U-20 DI INDONESIA PADA SURAT KABAR DARING NASIONAL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1A019063_Arian Saputra_Syarat Bebas Pustaka Perpus UNIB - Arian Saputra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan framing yang dilakukan media pemberitaan online di Indonesia terhadap peristiwa penolakan timnas Israel. Penelitian ini menggunakan teori analisis framing. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian framing berita editorial penolakan timnas Israel bermain pada Piala Dunia Sepak Bola U-20 di Indonesia pada surat kabar daring nasional menunjukkan bahwa struktur sintaksis pada situs berita daring nasional memberikan susunan dan bagan berita yang bersifat provokatif, namun disertai dengan pernyataan yang solutif, Struktur skrip situs berita daring nasional tidak selalu memenuhi unsur adiksimba, Struktur Tematik pada situs berita daring nasional mengangkat tema terkait dampak-dampak negatif yang disebabkan oleh aksi penolakan tersebut, dan struktur retoris pada situs berita daring nasional memberikan pemilihan kata, grafis, metafora dan foto yang menjelekkan serta menyudutkan pihak penolakan timnas Israel. Berdasarkan keempat perangkat pembingkaian yang telah dianalisis dalam situs berita daring nasional dapat disimpulkan bahwasanya situs berita daring nasional tidak menyetujui aksi penolakan timnas Israel pada piala dunia U-20. Framing yang diarahkan terhadap aksi penolakan timnas Israel bermain pada piala dunia U-20 di Indonesia sebagai bentuk aksi negatif yang merugikan Indonesia. Kata kunci: Framing, Israel, MediaIndonesia.com, PikiranRakyat.com, Kompas.id.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Aug 2024 03:25
Last Modified: 08 Aug 2024 03:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19686

Actions (login required)

View Item View Item