PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEM PADA MATERI BIOTEKNOLOGI PEMBUATAN REBUNG ASAM (Dendrocalamus asper) KELAS XII DI SMA

Fitriani, Emelda Vadila and Abas, Abas and Sri, Irawati (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEM PADA MATERI BIOTEKNOLOGI PEMBUATAN REBUNG ASAM (Dendrocalamus asper) KELAS XII DI SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
EMELDA VADILA FITRIANI A1D019021 PENDIDIKAN BIOLOGI - Emelda vadila fitriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk Mengembangkan LKPD berbasis STEM pada materi bioteknologi pembuatan Rebung asam (Dendrocalamus asper) kelas XII SMA, materi Bioteknologi yang digunakan bersumber dari lingkungan sekitar Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D), Model yang digunakan dalam pengembangan LKPD ini yaitu ADDIE yang terdiri dari Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi tapi penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan. Subjek penelitian ini yaitu validator ahli materi, ahli media, ahli praktisi dan peserta didik kelas XII di SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan, Tempat penelitian dilakukan di Labrotarium FKIP Universitas Bengkulu. Pengembangan LKPD pada penelitian pembuatan rebung asam melalui proses Fermentasi menggunakan Bambu Betung Dendrocalamus asper. Berdasarkan lama perlakuan hari didapatkan kadar Ph rebung asam pada perlakuan 0 jam yaitu 7,8, 24 jam yaitu 6, 36 jam yaitu 5,7 dan 72 jam 4,3. Ph rebung asam telah memenuhi standar ph makanan asam, Ph hebung asam semakin lama fermentasi akan semakin menurun kadar asam pada rebung, hasil validasi produk ahli materi diperoleh sebesar sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli media diperoleh sebesar 96,4% dengan kriteria sangat layak dan validasi ahli praktisi diperoleh sebesar 97,5% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata uji respon LKPD oleh siswa kelas XII SMA yang telah dikembangkan dari setiap aspek yaitu 99,1% dengan kriteria sangat baik. Kata kunci: Bioteknologi, Fermentasi, LKPD, Rebung asam, STEM.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:56
Last Modified: 08 Aug 2024 07:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19737

Actions (login required)

View Item View Item