PENGEMBANGAN BOOKLET MATERI PERTUMBUHAN BAGI SISWA SMA BERDASARKAN HASIL STUDI PENGARUH PAKAN TAMBAHAN CACING SUTRA TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN GABUS (Channa striata)

Wulandar, Cessi and Aceng, Ruyani and Abdul, Rahman (2023) PENGEMBANGAN BOOKLET MATERI PERTUMBUHAN BAGI SISWA SMA BERDASARKAN HASIL STUDI PENGARUH PAKAN TAMBAHAN CACING SUTRA TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN GABUS (Channa striata). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi Cessi - Cessi Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tambahan booklet Biologi pada materi pertumbuhan kelas XII SMA. Booklet ini dapat membantu peserta didik untuk aktif memahami materi yang dipelajari khususnya mengenai materi pertumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model penelitian yang digunakan adalah R & D dengan mengadopsi model Borg & Gall yang terbatas hanya sampai tahap kelima terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji coba lapangan, dan penyempurnaan produk awal. Subjek penelitian adalah 15 orang peserta didik kelas XII SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Instrument penelitian yang digunakan terdiri dari lembar angket observasi dan lembar angket validasi. Hasil dan pengembangan booklet Biologi materi pertumbuhan berdasarkan hasil studi pengruh pakan tambahan cacing sutra pada pertumbuhan ikan gabus. Hasil penilaian validasi keseluruhan aspek pada bahan ajar yang dikembangkan memiliki kelayakan yang sangat valid dengan persentase 95,14%. Serta hasil uji keterbacaan oleh peserta didik sebesar 92,23%. Kata Kunci : Booklet, cacing sutra, ikan, pertumbuhan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Aug 2024 08:14
Last Modified: 08 Aug 2024 08:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19745

Actions (login required)

View Item View Item