PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI HUKUM TERMODINAMIKA KELAS XI (Research and Development)

Putri, Nisa Andini and Dedy, Hamdani and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI HUKUM TERMODINAMIKA KELAS XI (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FULL NISA ANDINI PUTRI - Nisa Andini Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan e-modul berbasis pendekatan Science Environment Technology and Society (SETS) untuk melatih kemampuan pemecahan masalah siswa SMA kelas XI pada materi hukum termodinamika. (2) Mendeskripsikan persepsi siswa terhadap e-modul berbasis pendekatan Science Environment Technology and Society (SETS) pada materi hukum termodinamika yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan development yang dilakukan hingga uji persepsi siswa. Produk dibuat menggunakan software Flip PDF Professional. Sampel data yang digunakan pada penelitian ini yaitu 100 siswa kelas XII dari 3 sekolah yaitu SMAN 4 Kota Bengkulu, SMAN 6 Kota Bengkulu, dan SMAN 9 Kota Bengkulu. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar angket kebutuhan siswa, lembar angket kebutuhan guru, lembar validasi tim ahli, dan lembar persepsi siswa. Penilaian angket uji validasi dan persepsi siswa diinterpretasikan dengan Skala Likert. Validasi produk dilakukan oleh 3 validator ahli yang ditinjau dari 4 aspek yaitu aspek isi, aspek penyajian, aspek bahasa, dan aspek media. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa e-modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase nilai rata-rata 88,95% dan persepsi siswa terhadap e-modul yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik dengan persentase nilai rata-rata 81,55%. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, E-modul, Science Environment Technology Society (SETS), Hukum Termodinamika, Pemecahan Masalah (Problem Solving)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:22
Last Modified: 09 Aug 2024 03:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19764

Actions (login required)

View Item View Item