PENGEMBANGAN MEDIA AJAR MAJALAH SAINS BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BAGI SISWA TUNAGRAHITA (Research and Development)

Saragih, Indah Soraya and Rendy, Wikrama Wardana and Mellyta, Uliyandari (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR MAJALAH SAINS BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BAGI SISWA TUNAGRAHITA (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
INDAH SORAYA SARAGIH-A1M019026-SKRIPSI - Indah Soraya Saragih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan produk majalah sains dan mendeskripsikan tanggapan guru terhadap keterbacan produk majalah sains pada tema tumbuhan sahabatku. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) model 4D, dengan pembatasan isi pada tahap Develop yaitu uji keterbacaam guru secara terbatas. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan angket. Instrumen pengumpulan data berupa angket (kuisoner) berupa lembar angket kebutuhan, lembar angket validasi, dan lembar angket uji keterbacaan guru. Validasi produk majalah sains dilakukan oleh validator ahli ( 3 dosen dan 2 guru SLB). Uji keterbacaan produk dilakukan oleh 3 guru SLBN 5 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap media ajar mendapat skor 0,96% dalam kategori sangat valid sedangkan hasil uji keterbacaan produk yang dilakukan oleh 3 guru di SLBN 5 Kota Bengkulu terhadap majalah sains pada tema tumbuhan sahabatku secara keseluruhan memperoleh persentase rata-rata 77,08% dalam kategori baik. Kata kunci: Anak Tunagrahita, Majalah Sains, Pembelajaran Kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:36
Last Modified: 09 Aug 2024 03:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19772

Actions (login required)

View Item View Item