PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SAINS BERBASIS KONTEKSTUAL KOOPERATIF BAGI SISWA TUNAGRAHITA (Research and Development)

Lumbangaol, Asian and Rendy, Wikrama Wardana and Mellyta, Uliyandari (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SAINS BERBASIS KONTEKSTUAL KOOPERATIF BAGI SISWA TUNAGRAHITA (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ASIAN CETAK 03 - Asian Lumban gaol.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan produk video sains dan mendekripsikan respon guru terhadap keterbacaan produk video sains pada tema tumbuhan sahabatku. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) model 4D, dengan pembatasan isi pada tahap develop yaitu uji keterbacaan guru secara terbatas. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan angket. Instrumen pengumpulan data berupa angket (kuisoner) berupa lembar angket kebutuhan, lembar angket validasi, dan lembar angket uji keterbacaan guru. Validasi produk video sains dilakukan oleh validator ahli (3 dosen dan 2 guru SLB 5). Uji keterbacaan produk dilakukan oleh 3 guru SLBN 5 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil validasi ahli materi mendapat skor 0,85 dengan persentase 88,33 dalam kategori sangat valid dan sangat layak, Berdasarkan hasil validasi ahli media mendapat skor 0,93 dengan persentse 95% dalam kategori sangat valid dan sangat layak, Berdasarkan hasil validasi ahli praktisi mendapat skor 0,91 dengan persentase 93% dalam kategori sangat valid dan sangat layak .Sedangkan hasil uji keterbacaan produk yang dilakukan oleh 3 guru di SLBN 5 Kota Bengkulu terhadap video sains pada tema tumbuhan sahabatku secara keseluruhan memperoleh persentase rata-rata 80% dalam kategori “Baik”. Kata kunci : Video Sains,Tunagrahita,Tumbuhan Sahabatku

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:36
Last Modified: 09 Aug 2024 03:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19774

Actions (login required)

View Item View Item