PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 KOTA BENGKULU

Zulhulaifah, Nurul and Nurhamidah, Nurhamidah and Elvinawati, Elvinawati (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive
SKRIPSI NURUL ZULHULAIFAH (A1F014016) pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 5 SMA N 1 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia dan persamaan reaksi kimia. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen non tes berupa angket dan lembar observasi dan instrumen tes berupa soal postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CRH dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa meningkat setiap siklusnya dari pra siklus sampai dengan siklus III secara berturut-turut 35,69% (rendah), 38,95% (rendah), 59,71% (sedang) dan 78,96% (tinggi). Aktivitas guru dan siswa juga meningkat setiap siklusnya secara berturut-turut: skor aktivitas guru: 36, 38 dan 38,5 dengan kategori baik dan skor aktivitas siswa: 29 (cukup), 37,5 dan 38 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai ratarata 54,3 ; daya serap klasikal 54,3% dan ketuntasan belajar klasikal 16%. Pada siklus II, nilai rata-rata 72,5 ; daya serap klasikal 72,5% dan ketuntasan belajar klasikal 57,69%. Pada siklus III, nilai rata-rata 78,76 ; daya serap klasikal 78,76% dan ketuntasan belajar klasikal 84,61%. Kata kunci : Course Review Horay (CRH), Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 21 Nov 2019 03:13
Last Modified: 21 Nov 2019 03:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19776

Actions (login required)

View Item View Item