PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN ETIKA KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK: STUDI PERBANDINGAN MADRASAH ALIYAH DAN SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BENGKULU

Saputra, Novandri and Slamet, Widodo and Praningrum, Praningrum (2021) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN ETIKA KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK: STUDI PERBANDINGAN MADRASAH ALIYAH DAN SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS NOVANDRI MM 39.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Dalam pencapaian tujuan pendidikan, kinerja guru merupakan faktor utama karena sebagai tenaga pendidik guru merupakan ujung tombak pendidikan. Semakin baik kinerja guru maka semakin baik pula pembelajaran siswa. Seorang guru yang profesional tidak hanya menguasai materi pelajarannya dengan baik tetapi juga memiliki tanggung jawab terhadap tugasnya di sekolah. Sejalan dengan hal ini, guru yang merupakan bagian dari organisasi sekolah diharapkan memiliki komitmen terhadap organisasi sekolah dan etika dalam bekerja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, Apakah terdapat pengaruh komitmen organisasional terhadap kinerja tenaga pendidik pada Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas di Kota Bengkulu. Kedua, Apakah terdapat pengaruh etika kerja terhadap kinerja pendidik pada Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas di Kota Bengkulu. Ketiga, Apakah terdapat pengaruh komitmen organisasional dan etika kerja terhadap kinerja pendidik pada Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas di Kota Bengkulu. Keempat, Apakah terdapat perbedaan kinerja Tenaga Pendidik pada Madrasah Aliyah dan Sekolah Menangah Atas di Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komitmen organisasional terhadap kinerja tenaga pendidik pada Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas di Kota Bengkulu. Kedua, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh etika kerja terhadap kinerja pendidik pada Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas di Kota Bengkulu. Ketiga, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komitmen organisasional dan etika kerja terhadap kinerja pendidik pada Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas di Kota Bengkulu. Keempat, untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan kinerja Tenaga Pendidik pada Madrasah Aliyah dan Sekolah Menangah Atas di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menjawab rumusan masalah pertama, kedua dan ketiga karena data yang digunakan berbentuk angka dan jenis penelitian asosiatif kausal yaitu penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh sebab akibat antara variabel independen dan variabel dependen. Rumusan masalah keempat pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode perbandingan Responden penelitian terdiri dari 269 orang yang merupakan Guru MA dan SMA di Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik analisis data menggunakan Uji F, Uji t dan Uji Beda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama pengaruh komitmen organisasional secara signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik pada Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas di Kota Bengkulu. Kedua, etika kerja terhadap kinerja pendidik pada Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas di Kota Bengkulu. Ketiga, komitmen organisasional dan etika kerja secara bersama terhadap kinerja pendidik pada Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas di Kota Bengkulu. Keempat, tidak terdapat perbedaan kinerja Tenaga Pendidik pada Madrasah Aliyah dan Sekolah Menangah Atas di Kota Bengkulu. Bagi masyarakat diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan monitoring dan evaluasi kinerja tenaga pendidik. Bagi Tenaga Pendidik dapat digunakan tenaga pendidikan sebagai acuan untuk meningkatkan kinerjanya, komitmen organisasional dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya serta memiliki etika kerja yang baik. Penelitian ini juga dapat menjadi bahan informasi sehingga dinas pendidikan dapat memerhatikan kebutuhan fasilitas yang mendukung proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 09 Aug 2024 08:03
Last Modified: 09 Aug 2024 08:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19779

Actions (login required)

View Item View Item