PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN IMAGE TERHADAP PERSEPSI ATAS KUALITAS, LOYALITAS MEREK, DAN EKUITAS MEREK KESELURUHAN SERTA IMPLIKASINYA PADA NIAT PEMBELIAN PRODUK KOMPUTER DARI CHINA

Bachtiar, Afifi and Lizar, Alfansi and Effed, Darta Hadi and Rini, Indriani (2021) PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN IMAGE TERHADAP PERSEPSI ATAS KUALITAS, LOYALITAS MEREK, DAN EKUITAS MEREK KESELURUHAN SERTA IMPLIKASINYA PADA NIAT PEMBELIAN PRODUK KOMPUTER DARI CHINA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN IMAGE Afifi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Seiring waktu semakin banyak bermunculan pesaing baru maupun jenis lapangan bisnis baru yang berkembang hingga level global. Setiap negara harus mampu merumuskan strategi yang tepat untuk menghadapi pesaing mereka guna mendapatkan pasar di berbagai negara. Salah satu pendekatan untuk memperkuat penerimaan produk oleh konsumen dilakukan melalui konsep Country of origin image (COI) Country of origin image adalah “persepsi terhadap citra negara asal produk” (Kotabe dan Helsen, 2011). Menurut teori pemakaian petunjuk, COI merupakan atribut ekstrinsik yang dapat dipakai oleh konsumen untuk menilai suatu produk atau merek, guna mengambil keputusan persepsi kualitas produk. Hal ini karena ketika menilai suatu produk, konsumen melakukan penilaian atribut internal dan eksternal ketimbang kualitas nyata suatu produk. Menurut teori COI, negara asal produk atau tempat markas pusat dari merek berada, memberikan pengaruh terhadap atribut inheren suatu produk (Chen dan Chen, 2014). Terdapat perdebatan apakah COI bersifat unidimensional, bidimensional, atau empat dimensi. Teori COI yang umum diterima menggunakan COI sebagai satu variabel tunggal. Walau begitu, Maheshwaran et al. (2013) berpendapat bahwa COI mengandung dimensi kinerja dan emosional. Variabel COI diketahui memengaruhi berbagai variabel merek seperti loyalitas merek dan persepsi kualitas dan ekuitas merek keseluruhan (Saydan, 2013; Hanasyha dan Hilman, 2015; Azuizkulov, 2013; Azadi et al., 2015; Sanyal dan Datta, 2011; Roth et al., 2008; Fetscherin dan Toncar, 2010; Moradi dan Zarei, 2011; Chowdury dan Ahmed, 2009; Li, Yang, Wang, dan Lei, 2012). Penelitian ini menggunakan variabel ekuitas merek, kualitas produk, dan loyalitas merek, serta niat membeli untuk menguji model dimensionalitas dari COI. Penelitian ini lebih lanjut akan dilakukan pada populasi mahasiswa dengan produk laptop. Mahasiswa dipilih karena memiliki rentang usia yang cukup dewasa sehingga memiliki tanggung jawab yang cukup baik dalam pengambilan keputusan pembelian (Boompattarakan, 2012), sehingga niat membeli mereka dapat diterjemahkan dengan baik menjadi perilaku membeli. Mahasiswa dipandang layak untuk digunakan 13 sebagai sampel untuk pengujian suatu teori (Laroche, Nepomuceno, dan Richard, 2010). Berangakat dari gambaran tersebut penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1). Apakah COI berpengaruh terhadap persepsi kualitas. 2) Apakah COI berpengaruh terhadap loyalitas merek. 3) Apakah COI berpengaruh terhadap ekuitas merek keseluruhan. 4) Apakah COI berpengaruh terhadap niat membeli. 5) Apakah persepsi kualitas berpengaruh terhadap niat membeli. 6) Apakah loyalitas merek berpengaruh terhadap niat membeli. 7) Apakah ekuitas merek keseluruhan berpengaruh terhadap niat membeli. 8) Apakah COI berpengaruh terhadap niat membeli dimediasi oleh loyalitas merek keseluruhan. 9) Apakah COI berpengaruh terhadap niat membeli dimediasi oleh persepsi kualitas. 10) Apakah COI berpengaruh terhadap niat membeli dimediasi ekuitas merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan survai kuantitatif pada responden konsumen di Indonesia yakni mahasiswa dari dua perguruan tinggi negeri yakni Universitas Bengkulu dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jumlah sampel adalah sebanyak 400 responden yang terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah populasi dari perguruan masing￾masing tinggi. Alat analisa yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan Program LISREL 8.7. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Variabel Country of Origin Image memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap variabel Persepsi Kualitas. Hasil ini mengadung makna bahwa semakin persepsi konsumen atas kemampuan Negara asal suatu produk maka akan semakin baik persepsi mereka atas kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang berasal dari Negara tersebut. 2) Variabel Country of Origin Image berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap variabel Loyalitas Merek. Hasil ini mengandung arti bahwa peningkatan persepsi konsumen atas kemampuan suatu Negara asal dalam hal intelektual, etos kerja dan aspek produktivitas lainnya maka akan semakin baik tingkat loyalitas merek atas produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang berasal dari Negara tersebut. 3) Pengaruh variabel Country of Origin Image terhadap variabel Ekuitas Merek Keseluruhan memiliki nilai negatif dan tidak signifikan. Hasil penelitian ini memberikan makna bahwa peningkatan persepsi konsumen atas kridibiltas suatu Negara asal produk dalam hal etos kerja warga negaranya belum tentu akan dapat meningkatkan persepsi mereka atas Ekuitas Merek Keseluruhan produk yang diproduksi oleh perusahaan dari Negara tersebut. 4). Pengaruh variabel Country of Origin Image terhadap variabel Niat Beli adalah positif dan signifikan. Hasil penelitian ini memberikan makna bahwa meningkatnya persepsi konsumen atas keunggulan suatu negara dalam pengelolaan sumberdaya dinegara tersebut maka akan semakin baik Niat Beli konsumen atas produk yang dihasilkan oleh perusahaan dari negara tersebut. 5) Variabel Persepsi Kualitas mempengaruhi variabel Niat Beli secara positif dan signifikan. Temuan penelitian ini mengadung makna bahwa peningkatan atas Persepsi konsumen atas kualitas produk dari suatu Negara tertentu akan meningkatkan Niat Beli konsumen akan produk yang diproduksi oleh perusahaan dari Negara tersebut. 6) Hasil penelitian atas pengaruh variabel Loyalitas Merek Terhadap Niat Beli diperoleh positif dan signifikan. Hasil ini memberikan makna bahwa semakin baiknya loyalitas konsumen atas produk yang diproduksi oleh suatu Negara maka akan semakin baik Niat Beli akan produk yang diproduksi oleh perusahaan yang berasal dari Negara tersebut. 7) Variabel 14 Ekuitas Merek Keseluruhan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap variabel Niat Beli. Hasil ini mengisyaratkan bahwa meningkatnya persepsi konsumen atas Ekuitas Merek Keseluruhan atas produk yang diproduksi oleh suatu Negara asal maka belum pasti akan menigkatkan Niat Beli konsumen secara signifikan atas produk yang diproduksi oleh perusahaan dari Negara tersebut. 8) Variabel Loyalitas Merek memberikan peran parsial mediasi (partially mediated) atas pengaruh variabel Country of Origin Image terhadap Niat Beli. Hasil ini mengandung makna bahwa variabel Loyalitas Merek dapat menjembatani pengaruh variabel Country of Origin Image dalam mengintervensi Niat Beli konsumen atas produk yang diproduksi oleh suatu Negara. 9. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel Persepsi Kualitas memiliki peran mediasi parsial (partially mediated) atas pengaruh variabel Country of Origin Image terhadap Niat Beli. Hasil ini mengandung makna bahwa variabel Persepsi Kualitas memberikan kontribusi dalam menjembatani pengaruh variabel Country of Origin Image dalam mengintervensi Niat Beli Konsumen atas produk yang diproduksi oleh suatu Negara tertentu. 10) Variabel Ekuitas Merek Keseluruhan tidak memberikan peran mediasi atas pengaruh variabel Country of Origin Image Terhadap iat Beli. Hal ini menggambarkan bahwa keberadaan variabel Ekuitas Merek Keseluruhan tidak memberikan efek mediasi dalam mengintervensi pengaruh antara variabel Country of Origin Image terhadap Niat Beli konsumen atas produk yang diproduksi oleh suatu Negara tertentu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:02
Last Modified: 12 Aug 2024 03:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19809

Actions (login required)

View Item View Item