PERFORMANCE DAN MARKETING INNOVATION TERHADAP SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGES PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI INDONESIA DENGAN NEW SERVICES DEVELOPMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Suwarno, Suwarno and Kamaludin, Kamaludin and Slamet, Widodo and Rina, Suthia Hayu (2021) PERFORMANCE DAN MARKETING INNOVATION TERHADAP SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGES PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI INDONESIA DENGAN NEW SERVICES DEVELOPMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
File Disertasi Final Suwarno.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Perguruan Tinggi Swasta dilaksanakan melalui yang sifatnya layanan sosial atau yayasan yang telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah. Peluang ini dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga PTS banyak yang didirikan dimana-mana, persoalannya sering dengan kebebasan PTN membuka berbagai progam studi, keberadaan PTS merasakan terangcam dan tidak sedikit PTS yang tutup karena tidak bersaing memperebutkan mahasiswa. Untuk itu PTS agar dapat berkelanjutan dan bersaing maka PTS harus mampu menciptakan suatu kinerja berorientasi pelanggan dan pesaing yang didukung melalui inovasi pemasaran dan pelayanan baru (Grawe, Chen, & Daugherty, 2009). Selanjutnya PTS untuk dapat berkelanjutan maka PTS harus berinovasi produk,harga dan promosi (Moreira, Silva, Simões, & Sousa, 2012). Hal ini merupakan fenomena yang menarik untuk peneliti melakukan penelitian yang berkenanan dengan Mahasiswa strata satu yang ada 10 PTS yang terbaik. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh performance dan marketing innovation terhadap sustainable competitive advantages yang dimediasi variabel new services development. Kerangka teoritis yang mendasari studi ini adalah model yang dikemukan oleh (Bowers, 1989);(Scheuing & Johnson, 1989);(Ian Alam & Perry, 2002) untuk variabel New Services Development (NSD), (Ren, Xie, & Krabbendam, 2010);(Camisón & Forés, 2011);(Klewitz & Hansen, 2014) untuk variabel Sustainable Competitive Advantages (SCA), (M. E. Porter, 1980);(Narver & Slater, 2012);(Deshpandé & Farley, 1998);(Olson, Slater, & Hult, 2005b);(Grawe et al., 2009) untuk variabel Performance (PER) dan (Moreira et al., 2012);(Soltani, Hewage, Reza, & Sadiq, 2015);(Quaye & Mensah, 2019) untuk variabel Marketing Innovation (MI). Konsep Sustainable Competitive Advantages menurut (Ehmke, 2008) menyatakan bahwa sebagai sesuatu yang tidak dimiliki pesaing, melakukan sesuatu lebih baik dari perusahaan lain atau mampu melakukan sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh perusahaan lain. Konsep New Services Development menurut (Reinoso, Lersviriyajitt, Khan, Choonthian, & Laosiripornwattana, 2009) menyatakan bahwa banyak organisasi menggunakan model pengembangan produk baru untuk pengembangan layanan baru. Konsep Performance (PER) dalam penelitian ini diambil dari (Mahsun, 2006) yang menyatakan bahwa kinerja adalah gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu program, kegiatan atau kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, misi, dan visi organisasi yang tertuang dalam strategic planning suatu organisasi. Konsep Marketing Innovation (MI) menurut (Moreira et al., 2012) menyatakan bahwa inovasi pemasaran telah mengambil paradigma baru karena tren bisnis global telah menggeser sebagian aliran ide-ide inovatif dari produsen ke viii konsumen. Sebagai alternatif, inovasi pemasaran diartikan sebagai perubahan signifikan dalam desain estetika, perbaikan kemasan produk, media massa baru, penetapan harga dan strategi penjualan baru. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 400 mahasiswa dari 10 PTS yang terbaik di Indonesia versi webometrics dengan metode Purposive Sampling, selanjunya kriteria penentuan sampel yaitu mahasiswa yang aktif mulia semester tiga, lima dan tujuh tahun 2020 serta memahami sejumlah faktor yang dianggap dapat mempengaruhi proses dari tema penelitain ini. Dalam penelitian ini peneliti melakukan penyebaran kuesioner secara online menggunakan googe form dan disebarkan melalui beberapa media sosial sejak tanggal 10 Januari 2021 dan sudah mengisi kuesionernya sebanyak 508 responden yang tersebar di semua wilayah Indonesia yang sudah diisi responden, terseleksi sebanyak 400 responden yang akan dijadikan sampel penelitian dan 108 tidak dijadikan sampel penelitian dikarenakan tidak masuk kedalam kriteria. Terkait dengan validitas dan reliabilitas konstruk yang digunakan dalam penelitian ini, berdasarkan hasil olahan data didapatkan hasil estimasi loading factor seluruhnya lebih besar dari koefisien kritis, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa seluruh loading factor dinyatakan valid dan reliabel. Dilihat analisis model persamaan structural pertama dan kedua diperoleh hasil analisis penelitian bahwa temuan penelitian ini secara keseluruhan dapat disimpulkan yaitu pertama variabel performance berpengaruh signifikan terhadap new services development pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Artinya new services development di PTS mau meningkat, maka harus ditingkatkan juga performancenya. Kedua, variabel marketing innovation berpengaruh signifikan terhadap new services development pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Ketiga, variabel performance berpengaruh signifikan terhadap sustainable competitive advantages pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Keempat, variabel marketing innovation berpengaruh signifikan terhadap sustainable competitive advantages pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Kelima, variabel new services development berpengaruh signifikan terhadap sustainable competitive advantages pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Keenam, variabel New services development dapat memediasi pengaruh performance secara signifikan terhadap sustainable competitive advantages pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Ketujuh, variabel New services development dapat memediasi pengaruh marketing innovation secara signifikan terhadap sustainable competitive advantages pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:02
Last Modified: 12 Aug 2024 03:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19810

Actions (login required)

View Item View Item