PEMANFAATAN CITRA SATELIT SENTINEL-2 UNTUK PEMETAAN HABITAT BENTIK PERAIRAN DANGKAL (STUDI KASUS : PULAU DUA KECAMATAN ENGGANO KABUPATEN BENGKULU UTARA)

Kinta, Nilaya Aprira and Dede, Hartono and Ari, Anggoro (2022) PEMANFAATAN CITRA SATELIT SENTINEL-2 UNTUK PEMETAAN HABITAT BENTIK PERAIRAN DANGKAL (STUDI KASUS : PULAU DUA KECAMATAN ENGGANO KABUPATEN BENGKULU UTARA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_KINTA NILAYA APRIRA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pulau Dua terletak di kawasan perairan pantai Barat Sumatera, Samudera Hindia dan secara administrasi termasuk kedalam Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu yang memiliki keanekaragaman habitat bentik perairan laut dangkal. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan habitat bentik di Pulau Dua, Bengkulu, menghitung luas sebaran habitat bentik, dan mengukur akurasi habitat bentik dengan metode pengumpulan data survei lapangan dan metode systematic random sampling. Analisa data penginderaan jauh dengan memanfaatkan citra satelit resolusi sedang dan diintegrasikan dengan data lapangan kemudian menggunakan metode analisa data konvensional yang diintegrasikan menggunakan citra satelit Sentinel-2 maka dapat menjadi preferensi informasi terkait habitat bentik perairan laut dangkal. Citra Sentinel-2 yang digunakan memiliki resolusi spasial 10x10 m2 /piksel yang diakuisisi pada tanggal 17 September 2021. Hasil overall accuracy diperoleh untuk 4 kelas habitat di Pulau Dua sebesar 85,45%. Total luasan masing-masing kelas yaitu tutupan kelas karang dengan luas 93,67 ha, kelas rubble dengan luas 48,98 ha, kelas lamun dengan luas 39,09 ha, dan kelas pasir mencapai 35,25 ha. Kata kunci : Habitat bentik, Pulau Dua, Enggano, Sentinel-2

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Marine Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:33
Last Modified: 12 Aug 2024 02:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19826

Actions (login required)

View Item View Item