PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STEM PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VI SD NEGERI KOTA BENGKULU

Jestiani, Jestiani and Dalifa, Dalifa and Irfan, Supriatna (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STEM PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VI SD NEGERI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Jestiani (A1G017027) - Jestiani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar pembelajaran tematik berbasis STEM pada pembelajaran tematik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SD Negeri Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan modifikasi 4D (Four D Model). Namun pada penelitian ini hanya dilakukakn sampai tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), dan tahap pengembangan (Develop). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 67 Kota Bengkulu dan SD Negeri 15 Kota Bengkulu dengan jumlah 4 orang guru dan peserta didik berjumlah 5 orang yang heterogen. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif berupa catatan, saran atau komentar hasil validasi ahli, angket tanggapan guru dan peserta didik serta analisis kualitatif dengan mengolah data berupa skor dari hasil penilaian validasi ahli, angket tanggapan guru, dan hasil prestest dan posttest peserta didik. Hasil pengembangan ini adalah bahan ajar pembelajaran tematik berbasis STEM yang layak digunakan. Kelayakan bahan ajar dihasilkan dari validasi materi mendapatkan nilai rata-rata skor sebesar 83,55 dengan kriteria sangat baik. Validasi desain memperoleh rata-rata skor sebesar 96,87 dengan kriteria sangat baik. Validasi bahasa memperoleh rata-rata skor sebesar 93,05 dengan kriteria sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar sudah layak digunakan. Dan hasil uji coba pada peserta didik memperoleh skor 0,7 dengan katagori sedang. Artinya bahan ajar layang digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Bahan Ajar, STEM, Pembelajaran Tematik, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:08
Last Modified: 12 Aug 2024 08:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19855

Actions (login required)

View Item View Item