PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 18 LEBONG

Elpianda, Rizka and Sri, Dadi and Atika, Susanti (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 18 LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_RIZKA ELPIANDA_A1G018004 - Rizka Elpianda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 18 Lebong, (2) mendeskripsikan peningkatkan sikap tangung jawab siswa dalam pembelajaran tematik, (3) mendeskripsikan peningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 18 Lebong yang berjumlah 12 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar. Hasil rata-rata penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I diperoleh 36,25 kategori cukup dan pada siklus II memperoleh 61,25 kategori sangat baik. Hasil rata-rata sikap tanggung jawab siswa siklus I memperoleh rata-rata skor 5,63 kategori cukup dan siklus II memperoleh rata-rata skor 10,31 kategori sangat baik. Hasil prestasi belajar siklus I pada mata pelajaran IPA memperoleh nilai rata-rata kelas 60,41 dan ketuntasan belajar 58,33%, pada siklus II meningkat dengan memperoleh nilai rata-rata kelas 76,66 dan ketuntasan belajar 91,66%. Pada mata pelajaran IPS siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas 58,75 dan ketuntasan belajar 50%, pada siklus II meningkat dengan memperoleh nilai rata-rata kelas 76,25 dan ketuntasan belajar 91,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 18 Lebong. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Sikap Tanggung Jawab, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:23
Last Modified: 12 Aug 2024 08:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19861

Actions (login required)

View Item View Item